Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Warga Sanga-sanga Kukar Keluhkan Limbah Perusahaan yang Air Sungai

Warga di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengeluhkan adanya pencemaran lingkungan dari limbah

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Suasana pertemuan antara Lurah Sangasanga Dalam, Ketua RT dan Warga setempat dengan perwakilan Pertamina guna membahas masalah dampak limbah yang mencemarkan air di sepanjang parit dan sungai. TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Warga di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengeluhkan adanya pencemaran lingkungan dari limbah perusahaan sub kontraktor Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field yaitu PT Halliburton yang beroperasi di sekitar wilayah tersebut.

Pasalnya, limbah kimia dari perusahaan tersebut membuat air di sepanjang parit dan pinggiran sungai menjadi keruh dan berubah warna.

Adanya pencemaran limbah tersebut diketahui warga sejak Selasa pagi, (6/4/2021) kemarin.

Baca Juga: Volume Limbah Medis Meningkat, Balikpapan Catat 2,3 Ton Selama Pandemi

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Pabrik Kelapa Sawit, DSNG akan Bangun 6 Pabrik BIO CNG Untuk Energi Terbarukan

Seorang warga setempat, Nugraha menerangkan, warga mengetahui parit tersebut tercemar pada pagi hari kemarin dan langsung melaporkan ke RT dan pemeritah setempat.

Akhirnya pada sore hari kemarin pihak kelurahan, warga dan beberapa perwakilan perusahaan dari Pertamina EP V Sangasanga langsung menindaklanjuti masalah tersebut.

“Sudah dipastikan chemical dari limbah yang sengaja dibuang oleh kontraktor Pertamina yaitu Halliburton. Kemarin disidak sama lurahnya ke sana kemudian warga juga menuntut terjadi pencemaran tersebut,” ungkapnya.

Ia juga membenarkan, bahwa sejak kejadian pada pagi hari, baru sore hari pihak perusahaan merespon adanya limbah tersebut.

Baca Juga: Sejak Pandemi Covid-19 di Kukar, Limbah Medis Meningkat, Rumah Sakit dan Puskesmas Keluar Anggaran

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved