Breaking News:

Ramadhan 2021

Bulan Ramadhan, Pasokan Bahan Baku Pangan di Penajam Paser Utara Cukup Aman

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Surito Wedari, menyatakan kondisi bahan pangan pokok.

TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Cabai yang dijual di pasar tradisional. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Surito Wedari, menyatakan kondisi bahan pangan pokok sebagai komoditi utama masyarakat Benua Taka masih dalam keadaan aman jelang Ramadhan 1422 hijriah. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Surito Wedari, menyatakan kondisi bahan pangan pokok sebagai komoditi utama masyarakat Benua Taka masih dalam keadaan aman jelang Ramadhan 1422 hijriah.

Dikatakan, Suroto, kondisi pasokan bahan pokok itu terhitung pada bulan ini masih dapat katakan sangat aman sampai beberapa bulan ke depan.

Beberapa bahan pokok yang masih terbilang mencukupi dalam beberapa bulan kedepan adalah komuditi jagung, beras, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging ayam, dagingsSapi, minyak goreng dan gula pasir.

Baca juga: Inflasi 3 Bulan Terakhir tak Sampai 1 Persen, BI Kaltim Minta Satgas Pangan Pantau Harga Sembako

Baca juga: Alumni Smakar Gelar Kegiatan Baksos Jelang Ramadan, Bagikan Sembako buat Alumni dan Warga Tak Mampu

"Kebutuhan bahan pangan kita saat Ramadhan ini cukup aman ada sekitara 8,720 ton, untuk pasokan dari luar kita juga masih punya 50 ton," kata Suroto, Senin (21/4/2021).

Dirinya juga mengakan, untuk kebutuhan konsumsi sebanyak 1.500 Ton per bulan dengan jumlah penduduk Penajam Paser Utara sekitar 181.349.

"Nah klau kita (Kabupaten PPU), punya 8.770 Ton berarti ini kan cukup untuk lima bulan ke depan bahwa kita sampaikan ini aman," terangnya.

Baca juga: Wawali Samarinda Rusmadi Pastikan Distribusi Air Bersih, Listrik, dan Sembako Aman Jelang Ramadhan

Namun juga saat ini, terang Kadis Ketahanan Pangan itu mengatakan bahwa posisi komoditi masih sangat aman sementara saat ini para petani PPU dalam proses panen di beberapa kecamatan yang di PPU.

"Di kecamatan Waru, Kecamatan Babulu terutama Kecamatan Penajam dan sepaku menjelang akhir musim panen, shingga angka angka ini berada pada angka tetap," pungkasnya.

Pemprov Kaltim Perintahkan Satgas Pangan

Setiap tahun Satgas Pangan selalu memantau perkembangan pasar selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya.

Halaman
123
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved