Breaking News:

PLN Gelar Kompetisi dan Inovasi Kelistrikan, Dorong Pengembangan UMKM dan Industri Agrikultur

Kegiatan ini merupakan upaya PLN mendorong pemanfaatan listrik tidak hanya menjadi penerang, tetapi juga menggerakan roda perekonomian.

HO
PLN kembali menggelar webinar bertajuk “Electrifying Lifestyle” sebagai rangkaian kegiatan PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) di tahun 2021 

TRIBUNKALTIM.COPLN kembali menggelar webinar bertajuk “Electrifying Lifestyle” sebagai rangkaian kegiatan PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) di tahun 2021, Senin (19/4/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya PLN mendorong pemanfaatan listrik tidak hanya menjadi penerang, tetapi juga menggerakan roda perekonomian.

Melalui PLN ICE PLN mendorong inovasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi-teknologi di sektor kelistrikan yang dapat digunakan untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dalam sambutannya menjelaskan bahwa listrik merupakan kebutuhan mutlak dalam menjalani usaha.

Dari usaha besar hingga UMKM membutuhkan listrik agar berjalan dengan baik.

“Dengan ketersediaan akses listrik kepada UMKM maka UMKM dapat bersaing dengan memberikan keunggulan kompetitif pada efisiensi biaya produksi tambahnya,” tutur Teten.

Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM RI turut berperan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk UMKM, dan upaya tersebut terbagi menjadi sektor hulu dan hilir.

“Pemerintah memberikan stimulus subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR), KUR Super Mikro dan Non-KUR, insentif pajak, serta Program Bantuan Presiden (BANPRES) Produktif Usaha Mikro” jelas Teten.

Pada sisi hilir, UMKM mendapat akses untuk menjadi bagian dari rantai pasok Pemerintah melalui aplikasi Bela Pengadaan dan penggunaan PADI (Pasar Digital) untuk menjadi bagian dari rantai pasok BUMN.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, menyatakan komitmen PLN untuk menggerakan roda ekonomi telah diwujudkan melalui beberapa program seperti program-program promosi tambah daya untuk mempermudah pelanggan UMKM dan juga program electrifying agriculutre untuk mendorong industri agrikultur.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved