Breaking News:

Berita Kutim Terkini

Bantu Hilir Produk Tani dari Kecamatan Kaubun, ASN di Kutai Timur Beli Belasan Ton Beras

Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur berhasil meningkatkan kekuatan pangan daerah dengan mengelola komoditi beras.

TRIBUNKALTIM.CO/SYIFAUL MIRFAQO
Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur berhasil meningkatkan kekuatan pangan daerah dengan mengelola komoditi beras di Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.  

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur berhasil meningkatkan kekuatan pangan daerah dengan mengelola komoditi beras di Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur

Kaubun sendiri, memiliki luas sawah fungsional selebar 857 hektar, dengan 752 hektar di antaranya yang masih memiliki potensi pengembangan.

Dalam satu kali panen, dua desa di Kaubun bisa menghasilkan beras bersih hingga ratusan ton.

Oleh karenanya, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, menerbitkan surat himbauan kepada Aparatur Sipil Negara untuk membeli beras dari Kecamatan Kaubun.

"Pemerintah wajib mendukung petani lokal di lapangan sekaligus meningkatkan hilir produk mereka dengan membantu di pemasaran," ujarnya Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Rutan Tanah Grogot Komitmen Wujudkan Program Ketahanan Pangan Nasional, Dibagi ke Warga Sekitar

Sebab, usai kabar beras lokal surplus di Kaubun ternyata petani di sana mengalami kendala saat menyalurkan berasnya di pasar.

Potensi ini tentu tidak boleh disia-siakan oleh pemerintah sehingga imbauan membeli beras lokal pun diedarkan di kalangan ASN.

Menindaklanjuti edaran tersebut, total 13 ton beras berhasil dipesan dari kelompok tani yang ada di Kaubun dan didistribusikan langsung ke kawasan pemerintahan di Kecamatan Sangatta Utara.

Untuk menjaga keberlanjutan pembelian beras Kaubun, Ardiansyah meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk melakukan intervensi di pemasaran.

Halaman
12
Penulis: Syifaul Mirfaqo
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved