Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO BPOM Kabupaten Berau Lakukan Pengawasan Pangan

Salah satu swalayan di inspeksi yakni yang berada di Jl Mangga, Kecamatan Tanjung Redeb, tim melakukan pemeriksaan produk makanan dengan kemasan

TRIBUNKALTIM.CO- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Timur, dan BPOM Berau bersama Dinas Kesehatan melakukan inspeksi sarana distribusi pangan di Bumi Batiwakkal, Rabu (28/4/2021).

Salah satu swalayan di inspeksi yakni yang berada di Jl Mangga, Kecamatan Tanjung Redeb, tim melakukan pemeriksaan produk makanan dengan kemasan.

Kepala Badan POM Samarinda Sam Lapik yang ikut dalam inspeksi tersebut mengungkapkan hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi makanan yang akan beredar di masyarakat.

"Jadi pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk memberi jaminan, terhadap produk obat dan makanan yang beredar aman dikonsumsi masyarakat sehingga kita lakukan identifikasi," ujarnya ke TribunKaltim.co.

"Oleh karena itu kami tim, yang ada di Kabupaten Berau sudah terbentuk tim koordinasi pengawasan obat dan makanan yang dibentuk pemerintah sehingga ini yang kita maksimalkan untuk sama-sama untuk melaksanakan pengawasan dilapangan," tuturnya.

Baca juga: NEWS VIDEO BPOM Tarakan Lakukan Pengawasan Pangan, Temukan Ini di Swalayan Tanjung Selor

Dalam pengawasan yang dilakukan di Kabupaten Berau, Sam Lapik mengatakan membagi dua tim, yang tak hanya menyasar sarana distribusi tetap juga di lokasi penjualan makanan siap saji seperti di pasar ramadan.

"Hari ini ada kita bagi dua tim dengan fokus ke sarana distribusi yang ada di Berau. Sebelumnya kita juga melakukan pengawasan di tempat jual makanan siap saji," tuturnya.

"Kita syukur Alhamdulillah kemarin kita melakukan uji dengan tes cepat semua hasilnya baik dan tidak ada mengandung bahan berbahaya sehingga aman di konsumsi masyarakat," pungkasnya.

Kepala Badan POM Samarinda itu menambahkan jika ada yang ditemukan produk yang melanggar seperti tanpa ijin edar, pihaknya akan rapatkan bersama dengan tim.

"Dan jika itu produk lokal tentunya hasil UMKM maka kita akan lakukan pembinaan hingga pendampingan agar produk bisa mendapat ijin untuk di distribusikan," tutupnya.(*)

Berita Berau

Berita Video

Editor: TribunKaltim.co/Fz
Editor: Faizal Amir
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved