Breaking News:

Icip Bosque

Cicipi Kue Talam Khas Hj Minanti di Jl MT Haryono Balikpapan, Si Manis Gurih Andalan Turun Temurun

Cicipi Kue Talam Khas Hj Minanti di Jl MT Haryono Balikpapan, Si Manis Gurih Andalan Turun Temurun

TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO
Cicipi Kue Talam Khas Hj Minanti di Jl MT Haryono Balikpapan, Si Manis Gurih Andalan Turun Temurun 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Cicipi Kue Talam Khas Hj Minanti di Jl MT Haryono Balikpapan, Si Manis Gurih Andalan Turun Temurun

Bulan suci Ramadan bukan hanya menjadi momentum bagi umat Islam untuk saling memaafkan dan berbagi, namun sekaligus menjadi ajang berburu cemilan bagi para pecinta kuliner.

Sudah seperti rahasia umum bahwa di bulan puasa ada begitu banyak camilan unik khas nusantara yang dijajakan di pasar Ramadan, satunya adalah kue talam.

Kue talam sendiri menjadi salah satu menu berbuka yang cukup populer. Kue yang umumnya dibuat dengan bahan baku tepung seperti tepung beras, tepung singkong, tepung terigu atau tepung sagu ini memiliki cukup banyak variasi antara lain kue talam pandan, kue talam lapis ketan, kue talam tape dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai asal usul nama kue talam, sebutan tersebut diberikan karena adonan kue ini sendiri dicetak pada loyang bulat atau yang biasa disebut dengan talam.

Menurut sejarahnya, asal usul kudapan ini tidak lepas dari budaya Tiongkok-Eropa, terutama pengaruh Tionghoa-Belanda yang mengakar pada budaya suku Betawi yang tinggal di Batavia pada zaman kolonialisasi Belanda.

Keunikan dari kue ini adalah teksturnya yang lentur dan lengket yang dalam filosofi Tionghoa bermakna hubungan yang erat antar umat manusia.

Rasa dari kue yang diperkirakan berumur ratusan tahun ini tergolong cukup unik karena memadukan antara rasa gurih di bagian atas dan manis legit di bagian bawah.

Bagi anda yang penasaran akan kombinasi rasa dan tekstur dari kue talam, ada satu rekomendasi toko kue talam yang layak anda cicip yaitu Kue Talam Hj Minanti.

Husni adalah nama di balik toko kue ini. Pria berumur 58 tahun tersebut merupakan suami dari Hj. Minanti. Menggunakan nama sang istri sebagai nama tokonya, Husni bercerita bahwa perjalanan bisnisnya tersebut bermula dari tahun 2006 lalu.

Halaman
123
Penulis: Bella Evanglista
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved