Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Maksimalkan Pelayanan Air Bersih IPA Gunung Lingai, Walikota Andi Harun Harapkan Tak Ada Kendala

Walikota Samarinda Andi Harun berharap tak ada kendala dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru saja diresmikannya pada Selasa (3/5/2021) kemar

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Walikota Andi Harun melakukan peninjauan usai acara peresmian IPA Gunung Lingai, Selasa (4/5/2021) kemarin. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Walikota Samarinda Andi Harun berharap tak ada kendala dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru saja diresmikannya pada Selasa (3/5/2021) kemarin.

IPA Gunung Lingai berada di Jalan Lempake Jaya, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Andi Harun mengatakan, demi memaksimalkan pasokan air bersih ke masyarakat di Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Samarinda Utara, nantinya juga akan membuka sambungan pipa baru.

"Mengurangi lamanya delay penyaluran air dalam beberapa hari menjadi sehari atau dua hari, ya mungkin untuk sekitar daerah Pampang membuka sambungan baru," ujar Andi Harun.

Terpisah Ali Rachman AS, Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana, yang juga hadir dalam peresmian IPA Gunung Lingai menjelaskan, kapasitas produksi IPA Gunung Lingai 50 liter per detik.

Baca juga: Soal Keluhan Warga Terkait Air Bersih, Andi Harun Akui Tak Bisa Sepenuhnya Jawab Masalah

Saat ini IPA Gunung Lingai dapat melayani atau mengalirkan air bersih di seputar kawasan Jalan DI Panjaitan, Damanhuri, dan Mugirejo.

"Kalau bisa kami kasih lebih sampai ke PM Noor atau ke Sentosa. Kami berikan penyaluran air bersih secara bertahap. Yang biasa giliran per 3 hari, mungkin nanti bisa per 2 hari, bahkan kalau memungkinkan 24 jam," jelasnya.

Ali Rachman AS menambahkan, tidak bisa langsung mengaliri lantaran kondisi pipa yang berada di bawah tanah juga mesti diperhitungkan.

"Air nggak bisa langsung mengalir. Karena pipa yang ada sudah berumur puluhan tahun," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Fairoussaniy
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved