Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Soal Keluhan Warga Terkait Air Bersih, Andi Harun Akui Tak Bisa Sepenuhnya Jawab Masalah

Walikota Samarinda Andi Harun bersama jajaran pejabat dan staf Pemerintah Kota Pemkot) Samarinda hadir dalam peresmian Instalasi Pengolahan Air (IPA)

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Walikota Andi Harun melakukan peninjauan usai acara peresmian IPA Gunung Lingai, Selasa (4/5/2021) kemarin. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Walikota Samarinda Andi Harun bersama jajaran pejabat dan staf Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda hadir dalam peresmian Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Jalan Lempake Jaya, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/5/2021) kemarin.

Acara peresmian tersebut dihadiri juga perwakilan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda.

IPA Gunung Lingai ini bisa memproduksi 50 liter/detik air bersih untuk didistribusikan kepada warga di sekitar Kecamatan Sungai Pinang dan Samarinda Utara.

Terkait keluhan warga soal penyediaan air bersih, Andi Harun menyatakan tak bisa sepenuhnya menjawab masalah.

Terkait air bersih yang notabene dibutuhkan warga untuk kebutuhan sehari-hari, menurutnya, butuh waktu dan dukungan semua pihak.

Baca juga: Perumdam Tirta Kencana akan Selesaikan Pembangunan IPA Sungai Kapih, Andi Harun Beri Apresiasi

"Menjawab sedikit iya (terkait air bersih), saya mau jujur sebagai warga dengan berfungsinya IPA Gunung Lingai kapasitas 50 liter/detik belum bisa menjawab semua masalah, baru sebagian," tuturnya.

Maksud dari sebagian terjawab, lanjut Andi Harun, biasanya untuk warga DI Pandjaitan, PM Noor atau daerah Gunung Lingai, bahkan kawasan Desa Adat Budaya Pampang bergiliran menampung air, kini bisa menghemat waktu.

"Biasanya bergilir 3-4 hari sekarang tinggal satu sampai dua hari, baru sebatas itu (menjawabnya). Yang akan menjawab nanti sebagian besar dari masalah yang dikeluhkan warga kalau kita berhasil menyelesaikan IPA Sungai Kapih dan itu juga menjadi bincang-bincang saya sebelum saya ke sini (peresmian)," jelasnya.

Dia pun meminta agar Perumdam Tirta Kencana Samarinda segera menyelesaikan IPA Sungai Kapih, dan meminta warga agar bersabar, karena permasalahan di Kota Tepian tidak hanya persoalan air bersih.

Namun Andi Harun mengaku optimistis bisa menjawab segala keluhan warganya selama ia menjabat sebagai Walikota Samarinda.

Baca juga: Aliran Air Bersih di Kawasan Pelita III Sambutan Samarinda Berhenti, Perumdam Tirta Kencana Bersikap

"Manajemen Perumdam (juga) memastikan kelar masalah Sungai Kapih tahun ini. Ya, seperti biasanya saya selalu memohon warga untuk bersabar, setahap demi setahap masalah-masalah dalam kota termasuk air bersih," ucap Andi Harun.

"Apa yang kita resmikan hari ini kita syukuri dulu, bisa membantu penyaluran air lebih optimal dari biasanya," imbuhnya.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Rahmad Taufiq

Penulis: Mohammad Fairoussaniy
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved