Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Pengamat Sebut Pemerintah Tidak Peka, Izinkan WNA China Masuk Indonesia Tapi Mudik Lebaran Dilarang

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai, di tengah larangan mudik lebaran seharusnya pemerintah tidak mengizinkan WNA masuk ke Indonesia

Editor: Rita Noor Shobah
istimewa
Puluhan warga Fouchou, China yang masih tertahan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta selama 24 jam karena pemeriksaan dokumen penerbangan, Jumat (7/5/2021) 

TRIBUNKALTIM.CO - Izinkan WNA China masuk Indonesia tapi warga dilarang mudik Lebaran, Pemerintah Indonesia disebut tidak peka.

Bahak Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai, dengan diizinkannya para WNA asal China tersebut masuk sementara ada aturan larangan mudik, pemerintah tak serius menangani kasus Covid-19

Djoko Setijowarno mengatakan di tengah larangan mudik lebaran seharusnya pemerintah tidak mengizinkan Warga Negara Asing ( WNA) masuk ke Indonesia.

Menurutnya, dengan masuknya WNA ke Indonesia ini menunjukan pemerintah tidak peka terhadap kondisi masyarakat yang saat ini terkena aturan larangan mudik lebaran.

"Pemerintah sendiri melarang masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik 6-17 Mei 2021, untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas," ucap Djoko saat dikonfirmasi, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: 288 WNA Asal China Masuk ke Indonesia di Tengah Pandemi & Larangan Mudik, Penjelasan Dirjen Imigrasi

Djoko juga mengungkapkan, seharusnya di tengah larangan mudik ini WNA dengan alasan apapun ditunda hingga larangan mudik lebaran berakhir yaitu 17 Mei 2021.

"Seharusnya dapat ditunda, kedatangan WNA ke Indonesia ini. Masuknya WNA ke Indonesia di tengah larangan mudik, memberikan kesan pemerintah tidak serius menangani kasus Covid-19," ujar Djoko.

Sebelumnya diberitakan ada 157 WNA dari China yang tiba di Indonesia pada Sabtu (8/5/2021) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Terkait kedatangan WNA tersebut, pemerintah menyebut mereka adalah yang bekerja di Indonesia dan telah mengantongi rekomendasi dari instansi terkait.

Lion Air yang membawa rombongan WNA China ke Indonesia menyatakan, penerbangan tersebut adalah charter dan bukan penerbangan berjadwal.

Baca juga: WNA China Terus Masuk Indonesia Tapi Warga Dilarang Mudik Lebaran, Pimpinan DPR: Pemerintah Tak Peka

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved