Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Pantau Arus Balik Mudik, Tim Gabungan Muspika Kecamatan Kelay Laksanakan Tes Antigen

Koramil 0902-06/Kelay jajaran Kodim 0902/Trd bersama unsur Muspika Kecamatan Kelay melaksanakan pemantauan dan tes antigen terhadap pemudik

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pendim 0902/Trd
Koramil 0902-06/Kelay jajaran Kodim 0902/Trd bersama unsur Muspika Kecamatan Kelay saat melaksanakan tes antigen terhadap pemudik yang melintas di posko ketupat jalan poros Berau - Samarinda wilayah Kecamatan Kelay. 

TRIBUNKALTIM.CO – Koramil 0902-06/Kelay jajaran Kodim 0902/Trd bersama unsur Muspika Kecamatan Kelay melaksanakan pemantauan dan tes antigen terhadap pemudik yang melintas di posko ketupat jalan poros Berau - Samarinda wilayah Kecamatan Kelay.

Tim gabungan unsur Muspika Kecamatan Kelay menyediakan fasilitas tes rapid antigen gratis di titik posko penyekatan, guna memastikan warga yang kembali ke tempat tujuan setelah mudik dalam keadaan sehat atau negatif Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Camat Kelay Toris S.H., saat monitoring Posko Penyekatan Pemudik. Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Tanggapi Potensi Bencana Alam, Kodam VI Mulawarman Siagakan Seluruh Kekuatan

Pada waktu yang sama, Danramil Kelay Kapten Arm M Irfan mengatakan, dalam upaya menjaga masyarakat yang tetap memilih untuk melakukan perjalanan mudik, Koramil 0902-06/Kelay dan Polsek Kelay melakukan pengawasan yang maksimal.

“Di setiap perbatasan, khususnya Kecamatan Kelay, bekerja sama dengan unsur Muspika Kecamatan Kelay benar-benar melakukan pengecekan apakah mereka (pemudik) dalam kondisi sehat atau ada gejala-gejala,” ucapnya.

Menurut Danramil 0902-06/Kelay Kapten Arm M Irfan, pemudik yang lolos dalam perjalanan pulang kampungnya saat ingin kembali ke tempat semula, dipastikan sehat dengan tes antigen langsung di posko yang ada.

“Peran TNI dan Polri dalam melakukan penyekatan menjadi sesuatu yang vital, alhamdulillah, Kecamatan Kelay berhasil melakukannya. Pemda melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapkan petugas-petugas untuk swab antigen,” pungkas Kapten Irfan.

Baca juga: NEWS VIDEO Jajaran Polres Berau dan Kodim 0902/Trd Bantu Korban Banjir

Sementara itu, Kapolsek Kelay Iptu Agus Supriyanto mengatakan, penyekatan dilakukan di posko ketupat jalan poros Berau - Samarinda wilayah Kecamatan Kelay, Rabu (19/5/2021) masih merupakan salah satu puncak arus balik.

“Hari ini (kemarin), Rabu 19 Mei 2021, masyarakat sudah melakukan kegiatan normal kembali, jadi hari ini juga puncaknya,” ucap Iptu Agus Supriyanto.

Tidak sampai di situ, lanjutnya, setelah masa pengetatan arus mudik dan balik, pihaknya tetap melakukan kegiatan tersebut sampai tanggal 24 Mei 2021.

“Masih ada kegiatan pasca pengetatan, jadi tanggal 18-24 tetap menyaring pemudik yang akan mengarah balik ke tempat tujuan,” ungkapnya.

Di wilayah hukum Polres Berau, Operasi Ketupat Mahakam 2021 ini guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, dimulai dari bulan suci Ramadan dan situasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Tekan Pelanggaran Prajurit, Kodam VI Mulawarman Mulai Operasi Gaktib dan Yustisi

Polres Berau mendirikan empat posko penjagaan di titik-titik strategis di Kabupaten Berau.

“Posko untuk check point kami tempatkan di daerah perbatasan Kecamatan Kelay dan Kecamatan Gunung Tabur. Ini ditempatkan bersama dengan pos jaga tim Covid-19. Sedangkan pos yang ada Jalan Pemuda (Tanjung Redeb) merupakan pos pengamanan terkait Operasi Ketupat, sementara yang berada di dermaga wisata itu merupakan pos pelayanan,” tutup Agus Supriyanto.

Hadir dalam kegitan pemantauan arus balik mudik dan melaksanakan tes antigen terhadap pemudik di posko ketupat jalan poros Berau - Samarinda wilayah Kecamatan Kelay, yakni Camat Kelay Toris S.H. beserta 4 orang staf kecamatan, Danramil Kelay kapten Arm M Irfan beserta 3 orang anggota, Kapolsek kelay Iptu Agus Supriyanto beserta 8 orang anggota, Puskesmas Kelay 3 orang, dan Kasi Trantib Kecamatan Kelay Mursalin beserta 1 orang anggota. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved