Breaking News:

Gaya Hidup

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Begini Tips Atur Porsi Makan dengan Prinsip 3J dari Ahli Gizi RSPB!

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Begini Tips Atur Porsi Makan dengan Prinsip 3J dari Ahli Gizi RSPB!

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Trinilo Umardini
Tribunnews.com
Berat Badan Naik Usai Lebaran? Begini Tips Atur Porsi Makan dengan Prinsip 3J dari Ahli Gizi RSPB! 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - berat badan naik usai lebaran? Begini tips atur porsi makan dengan Prinsip 3J dari Ahli Gizi RSPB!

Berat badan naik? Lakukan diet ketat dengan cara ini! Kalimat sejenis pasti pernah Tribunners dengar atau temukan di internet.

Jangan salah kaprah terhadap diet dan berpikir bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi makan.

Menurut Nurjanah.AMG, staf Ahli Gizi Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), mengurangi jumlah makanan dengan perhitungan yang salah justru akan membuat tubuh kekurangan asupan gizi.

"Aturan atau pola makan setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh umur, jenis kelamin, berat badan, aktivitas sehari-hari, bahkan faktor komorbid pun menjadi salah satu indikator yang tidak boleh ketinggalan saat menentukan jenis diet seseorang," ungkap
wanita yang berkiprah sebagai Ahli Gizi sejak tahun 2007.

Nurjanah mengatakan pengaturan pola makan dengan gizi seimbang dapat dipahami dengan menggunakan Prinsip 3J.

"J pertama adalah jadwal makan yang teratur. Hal ini berkaitan dengan fungsi organ pencernaan dan juga waktu cerna dari makanan dan penyerapan zat gizi dari makanan yang dikonsumsi," terangnya.

Adapun J kedua adalah jumlah makanan disesuaikan pada kebutuhan setiap individu atau kondisi seseorang.

"Jumlah makanan sebaiknya ditakar sesuai kebutuhan kalori. Karena setiap orang memiliki kebutuhan berbeda sesuai dengan beberapa faktor, mulai dari umur hingga riwayat penyakit bawaan," lanjutnya.

Nurjanah, ahli gizi.
Nurjanah, ahli gizi. (TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO)

Menurutnya, poin kedua ini merupakan hal yang cukup pelik. Kendati mudah menemukan rumus untuk menghitung jumlah kalori sesuai dengan berat badan, namun untuk individu dengan komorbid merupakan cerita lain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved