Breaking News:

Menteri Basuki Minta Tanggapan Perkembangan IKN, Isradi Zainal: Pemindahan untuk Kebaikan Bangsa

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta Dr. Isradi zainal selaku ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim yang juga sekjen Forum Dekan Teknik

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Diah Anggraeni
HO
Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Isradi Zainal bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam suatu webinar, Minggu (23/5/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPANMenteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta Dr. Isradi zainal selaku ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim yang juga sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) sekaligus rektor Uniba untuk menyampaikan harapan dan masukan terkait perkembangan ibu kota negara (IKN) yang baru, Minggu (23/5/2021).

Basuki Hadimuljono dalam sambutannya dalam suatu webinar menanyakan kepada Isradi Zainal sebagai orang Kaltim dan selaku ketua PII Kaltim, apa yang menjadi harapannya dengan adanya isu pemindahan IKN di Kaltim.

Baca juga: WAWANCARA EKSKLUSIF Rektor Uniba Dr Isradi Zainal MM, Hobi Kuliah Jurusan Berbeda karena Kebutuhan

Basuki Hadimuljono pun menginginkan kontribusi besar dari semua pihak.

“Saat ini IKN tergantung dengan undang-undang yang di-prolegnas-kan oleh DPRD RI,” ungkap Basuki Hadimuljono.

Menjawab pertanyaan tersebut, Isradi Zainal mengungkapkan, kebetulan kemarin digelar halalbihalal dengan FDTI Forum Rektor, dan Forum PII.

DIkatakannya juga, kegiatan tersebut juga sudah diketahui Presiden Jokowi dan PII pun sempat dipanggil.

“Kami sebagai bagaian dari FPII yang bertanggung jawab atas suksesnya pembangunan IKN. Kami juga sudah berdiskusi dengan Pak Wakil Ketua Umum, dulu yang sering intens ke Balikpapan. Begitu juga dengan ketua umum PII dan ketum FDTI/Dirjen Dikti, Dirjen Inovasi, Dirjen Bina Konstruksi, dan lain-lain. Insya Allah, kami semua bersinergi, baik dengan masyarakat adat dan tokoh masyarakat,” kata Isradi Zainal.

Selain itu, dirinya bersama rektor ITK dan ITS juga berencana untuk membahas peran perguruan tinggi dengan adanya pembangunan IKN ke depan. “Bersama Pak Basuki juga pernah berdiskusi bahwa Forum Dekan Teknik Indonesia juga punya ide yang selama ini belum tercantumkan, yakni, Blue City. Tapi saat itu Pak Basuki sudah sampaikan, kami hanya memohon kepada Pak Menteri kalau memungkinkan, karena sukses atau tidaknya IKN ini akan menjadi IKN yang bebas banjir, bebas macet, bebas polusi, dan bebas bencana. Ini adalah tanggung jawab insinyur Indonesia,” katanya

“Pak Menteri sebagai dewan penasihat, kami butuh bimbingan. Kalau Pak Jokowi menunjuk PII sebagai sarana asosiasi, maka mari kita jemput kepercayaan itu dan mari kita sama-sama, semoga kita bisa maju,” lanjutnya.

Baca juga: Rektor Uniba Ajak FDTI, PII, LAMTEK dan Forum Rektor Doakan Palestina

Isradi Zainal selaku ketua PII Kaltim sekaligus rektor Uniba yang merupakan Universitas yang paling dekat dengan IKN mengajak untuk menyukseskan pemindahan IKN.

"Kalau saya tidak salah dengar akan ada groundbreaking. Selaku ketua PII berdasarkan kajian yang mandalam, pembangunan IKN yang ada di Kaltim adalah solusi untuk kebaikan bangsa ke depan," terangnya.

Sementara itu, wakil ketua Komisi X yang Juga ketua Forum Perempuan Insinyur siap mengawal di DPR RI agar IKN segera terealisasi. (dha)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved