Berita Berau Terkini

Pemkab Berau dan Bulungan Sepakat Penegasan Tapal Batas Sepanjang 105 Kilometer

penegasan batas wilayah antara Kabupaten Berau dan Kabupaten Bulungan yang kini menjadi batas Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara selesai

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi Wabup Gamalis bersama Bupati Bulungan, Syarwani dan Tim Kemendagri sepakat menyelesaikan penegasan batas wilayah Berau-Bulungan.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Setelah menjadi pembahasan yang cukup panjang, penegasan batas wilayah antara Kabupaten Berau dan Kabupaten Bulungan yang kini menjadi batas Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akhirnya terselesaikan.

Kedua pemerintah daerah bersepakat dengan penetapan batas melalui rapat koordinasi (Rakor) Pembahasan dan Klarifikasi Antara Pusat dan Daerah Wilayah II yang digelar Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri di Grand Paragon Hotel Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Penyelesaian batas kedua daerah ini ditandai dengan penandatanganan berita acara kesepakatan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, didampingi Wakil Bupati, Gamalis bersama Bupati Bulungan, Syarwani, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kaltara.

Baca Juga: Kabupaten Berau di Kaltim Masuk Wilayah Indonesia yang Dapat Melihat Super Blood Moon

Baca Juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Sebut Banjir di Kutim dan Berau Bukan Faktor Tambang: Hujan dari Langit

Selain itu juga hadir Tim Penataan Batas Daerah Pusat.

Bupati Berau, Sri Juniarsih menjelaskan, Pemkab Berau dan Bulungan sepakat penegasan batas sepanjang 105 kilometer dari total panjang keseluruhan batas wilayah 325 kilometer.

Penegasan batas antara Berau dan Bulungan ditetapkan merujuk pada berita acara kesepakatan yang telah ditetapkan pada April 2021 lalu.

Dalam kesepakatan tersebut Pemkab Berau diwakili Wabup Gamalis, sepakat dengan hasil kajian yang telah disusun tim Kemendagri.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kabupaten Berau Diprediksi Cerah Hingga Besok

Baca Juga: 16 Pasar Rakyat di Berau Diusulkan Jadi Aset Kampung, Diskoperindag Minta Segera Dihibahkan

“Penetapan batas mengambil garis tengah dengan kajian berbagai sektor, baik ekonomi, hukum, sosial budaya maupun sektor lainnya. Dengan kajian ini Berau melepaskan wilayah seluas kurang lebih 60 ribu hektar,” jelasnya.

Akan tetapi Berau tetap mempertahankan beberapa potensi sumber daya yang berada di wilayah perbatasan seperti keberadaan sarang burung walet.

Lanjutnya, salah satu yang sebelumnya menjadi perdebatan adalah keberadaan Gunung Benau yang akhirnya tetap dipertahankan berada di wilayah Bumi Batiwakkal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved