Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Karantina Pertanian Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Benih Sayur dan Buah dari Amerika Serikat

Karantina Pertanian Balikpapan menggagalkan penyelundupan berbagai benih sayur dan buah dari Dallas, Amerika Serikat.

HO
Karantina Pertanian Balikpapan menggagalkan penyelundupan berbagai benih sayur dan buah dari Dallas, Amerika Serikat. HO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Karantina Pertanian Balikpapan menggagalkan penyelundupan berbagai benih sayur dan buah dari Dallas, Amerika Serikat.

Hal tersebut dilakukan karena tidak dilengkapi dengan Phytosanitary Certificate dari negara asal dan Surat Ijin Pemasukan dari Menteri Pertanian (Sipmentan).

Benih sayur dan buah yang diselundupkan tersebut sebanyak total 14 pcs yang terdiri dari benih kol mini, bunga jagung, verbena.

Dahlia, tomat, zinia, kosmos, coleus, bunga matahari, aster afrika, dan hollyhock. Per pcs benih tersebut memiliki berat antara 180 mg – 3,1 g.

Baca juga: Polsek Semayang Balikpapan dan BKPB Gagalkan Penyelundupan 16 Ekor Burung Hias Menuju Kota Surabaya

Ini disampaikan Subkoordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Balikpapan, Endyokta Widoyono.

"Kami harap masyarakat dapat mematuhi prosedur perkarantinaan yang berlaku, agar tidak dilakukan penahanan atas media pembawa yang didatangkan dan tidak dikenakan sanksi ataupun denda” ujarnya.

Berdasarkan pasal 86 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019, dijelaskan bahwa setiap orang yang memasukkan media pembawa dengan tidak melengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal.

Bagi hewan, produk hewan, ikan, produk ikan, tumbuhan, dan/ atau produk tumbuhan dipidana dengan pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan pidana denda paling banyak sepuluh miliar rupiah.

Karantina Pertanian Balikpapan menggagalkan penyelundupan berbagai benih sayur dan buah dari Dallas, Amerika Serikat. HO
Karantina Pertanian Balikpapan menggagalkan penyelundupan berbagai benih sayur dan buah dari Dallas, Amerika Serikat. HO (HO)

Adapun proses penyelundupan dilakukan dengan cara menyelipkan benih-benih ke dalam baju yang dikirim via ekspedisi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved