Breaking News:

Berita BPJS Kesehatan

Peserta JKN-KIS Terkendala saat Akses Layanan Kesehatan, Kini Pemberian Informasi Bisa Lewat FKTP

Kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan BPJS Kesehatan kini dapat diakses oleh peserta melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

HO/BPJS Kesehatan
Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta JKN-KIS yang mengalami kendala saat mengakses layanan kesehatan dapat langsung meminta informasi dan menyampaikan keluhan kepada petugas di FKTP. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan BPJS Kesehatan kini dapat diakses oleh peserta melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mengalami kendala  saat mengakses layanan kesehatan dapat langsung meminta informasi dan menyampaikan keluhan kepada petugas di FKTP.

Pada kegiatan koordinasi BPJS Kesehatan dengan perwakilan seluruh FKTP di Kota Balikpapan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan I Dewa Ayu menyebutkan, kanal itu merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS.

Baca juga: Permudah Akses Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Lakukan Optimalisasi Layanan PRB

Pihaknya dengan FKTP sepakat untuk memberikan fasilitas tersebut kepada peserta JKN-KIS.

“Tujuan dengan adanya kanal informasi dan penanganan pengaduan di fasilitas kesehatan tingkat pertama merupakan salah satu upaya kami dengan pihak FKTP dalam meningkatkan kepuasan Peserta JKN-KIS. Melalui kemudahan dan efektivitas dalam pemberian informasi seperti ini, diharapkan peserta JKN-KIS dapat merasakan kemudahan tersebut. Di samping itu juga kita sudah menyediakan kanal-kanal lain yang sudah ada sebelumnya, seperti care center BPJS Kesehatan 1500400 dan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, peserta dapat langsung mendaftarkan kepesertaan bayi baru lahir. Nantinya ada petugas dari FKTP yang akan membantu untuk melakukan proses tersebut, jadi peserta tidak perlu lagi untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” jelas I Dewa Ayu.

Terhitung sejak Mei 2021, jumlah FKTP di Kota Balikpapan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan ada sebanyak 110 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 24 Dokter praktik perorangan, 45 klinik, 27 puskesmas dan 14 dokter gigi.

Sementara itu, salah seorang perwakilan FKTP yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik dengan adanya kanal layanan ini.

Baca juga: Berkat BPJS Kesehatan, Keluarga Menjadi Tenang Berobat dengan Kartu JKN-KIS

Sri Muliyati menyebutkan, dirinya akan mendukung dengan menyiapkan fasilitas sumber daya manusia dan fasiltias pendukung lainnya.

“Dengan ada koordinasi ini, pastinya kami akan menindaklanjuti dengan memberikan sosialisasi kepada pihak internal kami. Setelah itu, akan dilakukan penunjukan petugas yang khusus menjalani fungsi pemberian informasi dan penanganan pengaduan tersebut. Kami juga akan melakukan koordinasi lanjut dengan BPJS Kesehatan agar kegiatan kanal informasi dan penanganan pengaduan FKTP ini dapat segera dilaksanakan. Kami berharap koordinasi dapat berjalan dengan lancar sehingga peserta JKN-KIS dapat merasakan kemudahan” terang Sri Muliyati. 

Editor: Diah Anggraeni
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved