Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Sekdaprov Kaltim Berharap Peringatan Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Tekan Penularan Covid-19

momentum untuk terus bersemangat dalam upaya bergotong-royong menekan angka penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASPROV KALTIM
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur HM Sabani 

SAMARINDA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Muhammad Sa'bani mengatakan tanggal 1 Juni adalah Hari (Harlah) Lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila bertujuan untuk mengingat sejarah perjuangan para perumus untuk melahirkan Pancasila.

"Peringatan hari lahirnya Pancasila menjadi momentum yang bisa melandasi semangat juang seluruh masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan yang saat ini kita hadapi agar mendapatkan solusinya," kata Sa'bani di Pendopo Odah Etam usai Pelantikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Senin (31/5/2021).

Selain itu, lanjut Sa'bani peringatan Harlah Pancasila tahun ini, juga menjadi momentum untuk terus bersemangat dalam upaya bergotong-royong menekan angka penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi.

Caranya dengan mematuhi anjuran pemerintah dalam penerapan 5M. Yakni memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

"Pandemi Covid-19, menjadi motivasi untuk kita terus bangkit dengan melakukan berbagai inovasi dan kreasi. Harapan kita Covid-19 segera menghilang dan kita bisa  recovery, sehingga ekonomi meningkat dan rakyat sejahtera," paparnya.

Sa'bani juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali meningkatkan pemahaman dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila.

Dikatakan, Pancasila sebagai dasar negara memiliki butir-butir nilai yang berkaitan langsung dengan aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Apalagi saat ini di tengah pandemi  Covid-19 yang masih mewabah, Pancasila dapat menjadi perekat dan menguatkan persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

"Di tengah pandemi Covid-19  seluruh lapisan masyarakat harus mampu menempatkan persatuan dan kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa,  dengan tidak saling menyalahkan.  Namun semuanya justru diharapkan bisa memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang telah berupaya semaksimal mungkin mengatasi pandemi Covid-19 dan dampaknya," pesan Sa'bani.(mar/sul/adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved