Breaking News:

Wujudkan TJSL, PLN UIP Kalbagtim Latih PKK Sempaja Utara Olah Singkong dan Pisang

PT PLN (Persero) kembali melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di tengah masyarakat.

HO
PLN UIP Kalbagtim melalui program PLN Peduli melakukan pembinaan terhadap ibu-ibu PKK di Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO – PT PLN (Persero) kembali melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di tengah masyarakat.

Melalui program PLN Peduli, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) melakukan pembinaan terhadap ibu-ibu PKK di Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, pada 2-3 Juni lalu. 

General Manager (GM) PLN UIP Kalbagtim Muhammad Ramadhansyah menjelaskan, melalui program TJSL, ibu-ibu PKK dilatih bagaimana mengolah hasil tani berupa singkong dan pisang.

Baca juga: Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Sosial, PLN UIP Kalbagtim Kembali Salurkan Dana Program PLN Peduli

Singkong dan pisang menjadi pilihan karena ketersediaannya sangat berlimpah dan punya nilai ekonomi yang tinggi. 

“Bahan baku berupa singkong dan pisang yang merupakan potensi juga di daerah tersebut, menjadi peluang usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sempaja Utara,” kata Ramadhansyah, kemarin. 

Lanjut dia, program ini merupakan wujud pelaksanaan TJSL atas pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan SUTT 150 kV GI Embalut – GI New Samarinda dan SUTT 150kV GI New Samarinda – GI Sambera yang melintas di sekitar Kelurahan Sempaja Utara.

Pembangunan jaringan transmisi tersebut dilaksanakan oleh UPP Kitiring Kalbagtim 3 yang merupakan direksi pekerjaan.

“Tak hanya pelatihan, kami juga menyerahkan bantuan peralatan secara langsung terkait pengolahan pisang dan singkong ini dengan menggandeng UKM lokal,” katanya.

Baca juga: TJSL PLN UIP Kalbagtim Sasar Perempuan di Bengalon, Salurkan Bantuan dan Pelatihan Membatik 

Walaupun hanya diikuti oleh perwakilan dari 13 kelompok PKK di Kelurahan Sempaja Utara, namun Ramadhansyah berharap, peserta yang mengikuti pelatihan akan dapat memberikan ilmunya kepada anggota PKK yang lain.

Dengan begitu, diharapkan, seluruh anggota PKK Kelurahan Sempaja Utara memiliki keahlian dan mampu mengembangkan usaha keripik dengan dasar ilmu yang telah diberikan. 

“Tentunya kami berharap program ini bisa menjadi bagian mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19, dan ke depan bisa menjadi bagian pemasukan daerah,” tuturnya. 

Baca juga: PLN UIP Kalbagtim Gandeng Uniba, Implementasikan Awareness K3

Sementara itu, Lurah Sempaja Utara Dimas Kamaswara menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan PLN Peduli, juga bantuan untuk subsidi listrik kepada masyarakat. 

“Semoga apa yang diberikan PLN kepada masyarakat ini bermanfaat dan tepat tujuannya,” ungkap Dimas. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Diah Anggraeni
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved