Breaking News:

Berita Nasional Terkini

HANYA 16 Menit Waktu Warga Blitar Evakuasi Diri Bila Tsunami Besar Datang, Catat Lokasi Paling Aman

Hanya 16 menit waktu yang dipunya warga Blitar evakuasi diri bila tsunami besar datang, catat lokasi paling aman.

Editor: Muhammad Fachri Ramadhani
Dreamstime.com
Ilustrasi tsunami - Hanya 16 menit waktu yang dipunya warga Blitar evakuasi diri bila tsunami besar datang, catat lokasi paling aman. 

TRIBUNKALTIM.CO - Masyarakat Pantai Selatan Blitar diminta agar tak panik terhadap ancaman gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi.

Pihak-pihak terkait telah menyiapkan langkah-langkah kedaruratan apabila terjadi bencana tersebut.

Setidaknya masyrakat Blitar di kawasan pesisir memiliki waktu sekurangnya 16 menit untuk mengevakuasi diri ke tempat aman.

Bukit dan pegunungan jadi lokasi paling aman untuk mengamankan diri dari gempa dan tsunami.

Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Baca juga: Cara Daftar UMKM Online Lewat HP, Cek Penerima BLT UMKM 2021 di eform.bri.co.id/bpum/banpresbpum.id

Baca juga: KKB Papua Lekagak Telenggen Terdesak, 3 Teroris Serahkan Diri ke NKRI, Beber Rahasia ke TNI/Polri

Dilansir Kompas.com, berdasarkan skenario terburuk jika terjadi tsunami yang dipicu oleh gempa magnitudo 8,7 di selatan Jawa Timur, pantai selatan Blitar adalah wilayah yang tercepat terempas gelombang.

Melalui satu pemodelan yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gelombang tsunami bisa mengempas pantai selatan Blitar dalam waktu 20 menit hingga 24 menit sejak gempa bumi terburuk dengan magnitudo 8,7 terjadi.

"Padahal, masih perlu waktu 4 menit sampai ada peringatan tsunami. Jadi tinggal ada 16 menit untuk menyelamatkan diri," ujar Kepala BMKG Dwikorita Ratnawati di Rumah Dinas Wali Kota Blitar, Selasa (8/6/2021) malam.

Dwikorita mengatakan, dirinya dan tim BMKG telah melakukan peninjauan jalur evakuasi di Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, pada Selasa sore.

Bahkan, tim BMKG melakukan pengujian sebuah jalur evakuasi sepanjang sekitar 700 meter dan dengan berjalan cepat berhasil mencapai level ketinggian aman dalam waktu 14 menit.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved