Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO BMKG Ungkap Skenario Terburuk Gempa dan Tsunami Besar di Selatan Jatim

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap skenario terburuk jika terjadi tsunami yang dipicu gempa 8,7 M di selatan Jawa Timur.

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap skenario terburuk jika terjadi tsunami yang dipicu gempa 8,7 M di selatan Jawa Timur.

BMKG Sebelumnya mengungkap, adanya tsunami dan gempa ini merupakan sebuah potensi dilihat dari data dan sejarah gempa di Jawa Timur pada masa lalu.

Merespon potensi tersebut, BMKG lantas mengungkap skenario penyelamat terburuk yang bisa dilakukan dalam waktu 16 menit.

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan pemodelan yang dilakukan BMKG, gempa 8,7 M dan gelombang tsunami setinggi 29 meter bisa menghempas pantai selatan Blitar dalam waktu 20 menit hingga 24 menit sejak gempa bumi terjadi.

Kepala BMKG Dwikorita Ranawati menyebut , butuh waktu 4 menit sampai ada peringatan tsunami.

Baca juga: Peringtan Dini BMKG Rabu 9 Juni 2021: 17 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem, Termasuk Sebagian Kaltim

Dengan begitu, masyarakat mempunyai waktu 16 menit untuk bisa menyelamatkan diri.

"Padahal masih perlu waktu 4 menit sampai ada peringatan tsunami. Jadi tinggal ada 16 menit untuk menyelamatkan diri," ujar Kepala BMKG Dwikorita Ratnawati di Rumah Dinas Walikota Blitar, Selasa malam (8/6/2021).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dwikorita menegaskan bahwa saat ini tim BMKG telah melakukan peninjauan jalur evakuasi di Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Womotirto Kabupaten Blitar.

Tim BMKG juga melakukan sebuah jalur evakuasi sepanjang sekitar 700 meter dan dengan berjalan cepat berhasil mencapai level ketinggian aman dalam waktu 14 menit.

"Tadi kami mencoba jalur evakuasi. Kami berjalan cepat, waktunya 14 menit itu sudah sampai di ketinggian bukit 30 meter, artinya sudah aman," tuturnya.

Baca juga: INFO BMKG Prakiraan Cuaca Rabu 9 Juni 2021, Denpasar Cerah Berawan dan Pontianak Hujan Ringan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved