Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Anggota BPD Kayu Batu Muara Muntai Dilantik, Asisten I Setkab Kukar Ingatkan 3 Fungsi dan Tugas

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawar

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
HO/PROKOM SETKAB KUKAR
Asisten I Setkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat saat melantik anggota BPD Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kayu Batu periode 2021-2027 di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kukar, Kamis (10/6/2021).

Di mana kegiatan yang dilakukan tetap mengacu pada protokol kesehatan tersebut turut dihadiri Kadis PMD Kukar Dafip Haryanto, Camat Muhammad Dahlan, Kades Kayu Batu Andri Shopyandani.

Asisten I Setkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang baru saja dilantik.

Menurutnya, dengan telah dilaksanakannya pelantikan tersebut maka para anggota BPD yang baru telah sah menyandang tanggung jawab sebagai anggota BPD.

“Mereka sekarang resmi mempunyai tugas, fungsi, kewenangan serta hak dan kewajiban sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya dalam rilis Prokom Setkab Kukar.

Baca juga: Diskominfo Kukar Bimtek TOT Pengelolaan Petugas Pelayanan Informasi dan Aduan Publik

Ia menambahkan, BPD adalah lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan di mana anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

“Menurut saya ketentuan pada saat ini telah menjamin adanya keterwakilan perempuan selain keterwakilan wilayah guna mewakili dan menjembatani aspirasi perempuan di dalam mengawal kebijakan pemerintahan desa,” tuturnya.

Ia mengemukakan, anggota BPD memiliki tiga fungsi dan tugas, di antaranya membahas dan menyepakati rencana peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Selain itu, lanjut dia, anggota BPD yang merupakan mitra pemerintah desa diharapkan dapat mengawal penyusunan RPJM-DES, RKP-DES serta APB-DES dan pelaksanaannya, sekaligus mengingatkan kewajiban pemerintah desa dalam menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa kepada Bupati, laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan kepada BPD, serta informasi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa kepada masyarakat melalui media seperti papan pengumuman atau website desa.

“Kami berharap anggota BPD yang baru saja dilantik dapat memberikan pengabdian terbaik kepada desa dan menjalin hubungan kerja yang baik dan harmonis dengan kepala desa serta lembaga kemasyarakatan dan seluruh komponen masyarakat desa. (*)

Berita tentang Kukar

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved