Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Berikan Rekomendasi ke Walikota Samarinda, Komisi III Minta SCB Penuhi Syarat IMB

Komisi III dan Komisi I DPRD Kota Samarinda memberikan rekomendasi kepada Walikota Samarinda.

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF
Ketua Komisi III, Angkasa Jaya Djoerani memberikan rekomendasi tindak lanjut kepada Pemkot Samarinda, terkait pemenuhan izin Samarinda Central Bizpark yang belum terlengkapi.TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Komisi III dan Komisi I DPRD Kota Samarinda memberikan rekomendasi kepada Walikota Samarinda terkait kasus penutupan kegiatan pergudangan di Samarinda Central Bizpark (SCB).

Hal ini disebabkan permasalahan izin site plan yang belum dimiliki sebagai dokumen persyaratan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Rapat pembahasan tindak lanjut dari rekomendasi yang diberikan oleh dua komisi tersebut dilakukan bersama Walikota Samarinda Andi Harun dan OPD terkait, termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas PUPR kota Samarinda pada Kamis (10/6/2021) di gedung balai Kota Samarinda.

Baca Juga: TPA Bukit Pinang Akan Ditutup, Pemkot Samarinda Siapkan TPA Sementara di Kecamatan Sambutan

Ketua komisi III DPRD Kota Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani mengungkapkan bahwa rekomendasi dari komisi III meminta, kepada Pemerintah Kota Samarinda melalui OPD terkait untuk melakukan tindak lanjut kepada pihak PT. Samarinda Cahaya Berbangun.

Hal ini guna memenuhi persyaratan izin yang belum dipenuhi sebelum mengeluarkan izin operasi, kegiatan di kawasan pergudangan yang telah dibangun sejak 2016 tersebut.

Ia menerangkan bahwa, komisi III DPRD kota Samarinda menemukan indikasi kelemahan koordinasi antar instansi dari OPD terkait,  yang akhirnya menimbulkan cacat prosedur dari kelengkapan izin SCB tersebut dan berdampak pada masyarakat sekitar.

Baca Juga: Dana Rp 50 Miliar Khusus untuk Penanganan Bawah Jembatan Achmad Amins Samarinda

"Rekomendasi dari komisi III membahas tentang teknis dari OPD terkait dan koordinasi antar OPD, yang kemungkinan terjadi kelalaian yang mengakibatkan masyarakat mendapat dampak banjir dari pembangunan SCB tersebut.

Setelah ini walikota akan membentuk tim guna menindak lanjuti rekomendasi dari komisi III untuk melakukan penutupan sementara kegiatan di SCB, hingga melengkapi persyaratan yang masih belum terpenuhi baru,  kemungkinan akan diterbitkan izin resmi untuk beroperasi kembali," ujar ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda tersebut saat ditemui di gedung balai kota Samarinda pada Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Rencana Pengembangan Wisata Sungai Mahakam, Walikota Samarinda Andi Harun Tekankan Skala Prioritas

Menurut Angkasa Jaya sejauh ini dari OPD terkait telah melakukan beberapa langkah tindak lanjut seperti, surat pembinaan dan pengarahan dari DLH dan surat peringatan dari dinas PUPR kepada pihak SCB, untuk segera melengkapi persyaratan yang belum terpenuhi termasuk izin site plan yang masih bermasalah.

"Saya kira setelah koordinasi ini semuanya bisa diluruskan tinggal ketegasan dari walikota, sebagai pengambil keputusan untuk ini akan diarahkan kemana," pungkas Angkasa Jaya. (*)

Berita tentang Samarinda

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved