Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

SPPT Lahan Bayur di Tangan Pemkot Samarina, Bakal Disulap jadi Ruang Publik Bernilai Ekonomi

Setelah menunggu beberapa minggu lamanya, akhirnya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang-Pajak Bumi dan Bangunan

TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Assistan III Pemkot Samarinda, Ali Fitri Noor saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis di Kota Samarinda, Kalimantan timur pada Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Setelah menunggu beberapa minggu lamanya, akhirnya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang-Pajak Bumi dan Bangunan (SPPTP-PBB) lahan di Bayur resmi dimiliki oleh Pemerintah Kota Samarinda.

Hal itu diungkapkan oleh Assisten III Kota Samarinda Ali Fitri Noor saat ditemui Tribun Kaltim di ruangannya usai melakukan rapat penerimaan berkas tersebut, Kamis, 10 Juni 2021.

Assistan III yang akrab disapa Ali ini menuturkan bahwa sebelumnya SPPT tersebut masih dipegang oleh pejabat lama pemerintahan Kota Samarinda terdahulu.

"Sekarang sudah ditangan kita, kita amankan aset dan akan kita tertibkan administrasinya," jelas Ali.

Baca Juga: Walikota Andi Harun Tinjau Eks Lokalisasi Bayur, Diinventarisir jadi Aset Pemkot Samarinda

Ali menyebut, Bayur merupakan salah satu dari banyak aset pemerintahan yang akan dikapitalisasikan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

"Ada juga Plaza 21, kemarin di Pelabuhan, sekarang Bayur. Jadi Walikota ingin kita menginventarisasi aset dan melakukan penguatan status hukum," urainya.

"Setelah itu, kita akan revitalisasi, kita kembangkan ke pasar investor. Jadi kita mencari sumber-sumber dana selain pendapatan asli daerah seperti retribusi pajak daerah," jelasnya lagi.

Untuk bayur sendiri, Ali menjelaskan lahan tersebut telah dipatok dan dipagar, dan sudah dalam tahap pengurusan izin untuk mengelolah tanah negara.

"Lau kita sertifikasikan. Nah kita juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak provinsi untuk saling mendukung administrasi," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Rita Lavenia
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved