Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Walikota Samarinda Menyapa Dari Tengah Sungai Mahakam, Andi Harun Paparkan Konsep Riverside City

Walikota Samarinda Andi Harun beserta Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso, menyapa warga Kota Samarinda secara virtual

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAH MA'RUF
Walikota Samarinda, Andi Harun dan Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso menyapa warga Kota Samarinda sambil menyusuri Sungai Mahakam menggunakan kapal wisata pesut Etam pada Kamis (10/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAH MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Walikota Samarinda Andi Harun beserta Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso, menyapa warga Kota Samarinda secara virtual, melalui diskusi luar ruang yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pada Kamis (10/6/2021).

Diskusi luar ruang tersebut dilakukan di atas kapal wisata Pesut Etam yang biasa menyusuri Sungai Mahakam sebagai sarana wisata di Kota Tepian.

Agenda diskusi yang dimulai pukul 09.00 WITA tersebut, membahas tentang konsep Riverside City dan potensi Sungai Mahakam dalam pengembangan ekonomi di Kota Samarinda.

Baca Juga: BREAKING NEWS Warga Kira Jembatan Mahkota II Dibuka, Personel Dishub Samarinda Baru Rapikan Barier

Selain dua pemimpin kota Samarinda tersebut, dalam diskusi juga menghadirkan narasumber lainnya seperti pengamat ekonomi lingkungan, Bernardus Saragih, Badan Wilayah Sungai, Eko Wahyudi dan peneliti studi ruang publik Universitas Tujuh Belas Agustus (Samarinda) Wardhana.

Dalam penjelasannya dari atas geladak kapal wisata Pesut Etam yang berangkat dari dermaga hilir Pasar Pagi, Jalan Gajah Mada, Walikota Samarinda Andi Harun memaparkan keinginannya untuk menjadikan Sungai Mahakam khususnya, di kawasan tepian sungai sebagai wadah bagi ekonomi kreatif di Kota Samarinda yang menjadi ikon dan daya tarik bagi masyarakat baik dari luar maupun warga Samarinda sendiri.

"Sungai Mahakam dengan segala potensi nya tidak boleh kita biarkan tidur dan harus dimanfaatkan secara ekonomi dalam konteks Riverside City.

Kota Samarinda sebagai kota yang dibelah oleh sungai Mahakam maka saat ini kita sedang menyusun rencana induk, pengembangan kawasan ekonomi wisata sungai Mahakam agar tata ruang masing-masing sektor terdefinisi secara tepat dalam waktu yang panjang" jelas Andi Harun saat ditemui usai agenda diskusi.

Baca Juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Unmul Samarinda Dibuka, Total 1.856 Kursi di 13 Fakultas

Andi Harun sempat memaparkan, kerangka konsep dari rencana pengembangan ekonomi dan wisata Sungai Mahakam tersebut, berupa rencana membuat pintu masuk Kota Samarinda dari arah sungai Mahakam, serta membuat pelabuhan wisata yang terkoneksi dengan kawasan ekonomi kreatif dan UMKM di kota Samarinda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved