Breaking News:

Speedboat Terbalik di Nunukan

Indikasi Kelalaian & Ketidaklayakan Kapal, Motoris SB Ryan jadi Tersangka, Ancaman 10 Tahun Penjara

Motoris Speedboat atau SB Ryan, ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditempatkan dalam sel tahanan Polres Nunukan, Kalimantan Utara

Editor: Mathias Masan Ola
HO/Basarnas Tarakan
SB Ryan dengan rute Tarakan-Desa Atap, Sembakung terbalik di perairan sungai Sembakung, Desa Pelaju, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, setelah menabrak papan kayu yang hanyut, Senin (07/06/2021), siang. (HO/Basarnas Tarakan). 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Motoris Speedboat atau SB Ryan, ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditempatkan dalam sel tahanan Polres Nunukan, Kalimantan Utara.

Terhadap pria berinisial PJ (45) itu disangkakan Pasal 302 ayat 1 ,2, 3 Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, subsider Pasal 359 KHUP dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

"Setelah diperiksa selama 1×24 jam, kami simpulkan bahwa yang bersangkutan memenuhi unsur untuk dijadikan tersangka. Terhitung 2 hari lalu kita sudah melakukan penahanan," kata Kasat Pol Air Nunukan Iptu Taharman kepada TribunKaltara.com, Jumat (11/06/2021), pukul 08.00 Wita.

Baca juga: Pencarian Korban Speedboat Terbalik di Nunukan Hari ke-2, Camat Sembakung Sebut Arus Sungai Deras

Menurutnya, pihak dia menemukan fakta dalam penyelidikan, lantaran kapal cepat dengan mesin 200 PK itu, diperuntukkan untuk keperluan pribadi atau memuat barang, bukan memuat penumpang.

"Ada indikasi kelalaian motoris speedboat dan ada ketidaklayakan kapal sehingga berakibat menghilangkan nyawa orang. Dua hari lalu kami sudah terbitkan surat perintah penahanan motoris speedboat untuk 20 hari ke depan," sebutnya.

"Namun, kalau berkas belum lengkap kami minta perpanjangan penahanan dari Kejaksaan selama 40 hari ke depan," ucapnya.

Bahkan, kata Taharman, SB Ryan tak memiliki izin trayek, namun tiket yang diperjualbelikan oleh agen merupakan tiket resmi yang diketahui oleh Dinas Perhubungan.

"Jadi, minggu depan kami akan panggil lagi pemilik speedboat. Kemarin sudah kami periksa. Untuk pemeriksaan agen dijadwalkan minggu depan. Termasuk pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), kami akan mintai keterangan sebagai saksi," ujarnya.

Tim SAR saat berangkat menuju lokasi dilaporkannya speedboat terbalik di perairan Desa Pelaju, Kecamatan Sembakung, Nunukan.TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Tim SAR saat berangkat menuju lokasi dilaporkannya speedboat terbalik di perairan Desa Pelaju, Kecamatan Sembakung, Nunukan.TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH)

Lebih lanjut Taharman mengaku, hal itu sedikit pelik, sebab meskipun SB Ryan tak memiliki izin trayek namun, agen yang melayani pembelian tiket berstatus resmi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved