Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Ketahanan Pangan dan Gizi Sah Jadi Perda di Samarinda, Pasokan Pangan dari Luar Daerah Lebih Besar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menggelar rapat Paripurna masa persidangan II tahun 2021

TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Suasana saat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda gelar rapat Paripurna masa persidangan II tahun 2021, Tentang persetujuan DPRD Samarinda bersama Pemkot Samarinda terhadap Raperda menjadi Perda, Jumat (11/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menggelar rapat Paripurna masa persidangan II tahun 2021

Rapat ini tentang persetujuan DPRD Samarinda bersama Pemkot Samarinda terhadap Raperda menjadi Perda, Jumat (11/6/2021).

Pada kegiatan yang digelar di ruang rapat DPRD Kota Samarinda lantai dua tersebut, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ketahanan pangan dan gizi, disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Baca Juga: Atur Pengendalian Harga Bahan Pokok, DPRD Kota Samarinda Sahkan Perda Ketahanan Pangan dan Gizi

Atas pengesahan Perda tersebut, Walikota Samarinda Andi Harun mengatakan,pasokan pangan yang lebih besar yakni 83 persen dari luar daerah dan 17 persen dari dalam daerah atau dari Kota Samarinda.

AH sapaan karibnya menuturkan, bahwa memang itu pertama disebabkan, lantaran luas lahan pertanian di Kota Tepian julukan Kota Samarinda, yang masih kecil dibanding dengan luas lahan yang mestinya bisa dioptimalkan.

"Kita masih belum bisa memenuhi. Jangankan untuk angka nasional, termasuk untuk permintaan terhadap pasok pangan provinsi," ungkapnya kepada Tribunkaltim.co,

Baca Juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Kondisi Jalan Poros Samarinda-Kubar

Lanjutnya, lahan yang kecil tersebut dilantari beberapa hal diantaranya sebahagian besar lahan di Samarinda sudah miliki private atau pribadi.

Lalu yang kedua dimiliki perusahaan dan ketiga, optimalisasi terhadap produksi belum optimal untuk dimaksimalkan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved