Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Beras Hasil Petani Tanjung Buka Bulungan Tidak Diserap Pasar

Petani yang tinggal di Satuan Permukiman atau SP 8, Tanjung Buka, Tanjung Palas Tengah mengaku kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MAULANA ILHAMI
Ketua Gapoktan Subur Makmur, Sabar saat ditemui di SP 8, Tanjung Buka, Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.  

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Petani yang tinggal di Satuan Permukiman atau SP 8, Tanjung Buka, Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, mengaku kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya, utamanya beras.

Kesulitan ini disebabkan oleh berbedanya varietas padi yang digemari oleh konsumen di pasaran dengan yang ditanam oleh para petani di Bulungan, Kalimantan Utara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Gapoktan Subur Makmur, Sabar saat ditemui di SP 8, Tanjung Buka, Tanjung Palas Tengah, Minggu (13/6/2021).

"Kami harap pemerintah mau membantu di pemasaran karena di kami kendala pemasaran," ujar Ketua Gapoktan Subur Makmur, Sabar.

Baca Juga: Petani di SP 8 Bulungan Kalimantan Utara Tidak Ingin Dipaksa Menanam Padi

"Kami ingin petani ini menanam saja, kalau pemasarannya urusannya pemerintah saja,"
tambahnya.

Menanggapi keluhan petani, Kepala Dinas Pertanian Kaltara Wahyuni Nuzband mengatakan, telah ada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menyerap beras dari petani lokal.

Yakni berupa Pergub Kaltara mengenai Pangan Lokal, serta Perbup Bulungan mengenai kewajiban ASN membeli produk beras lokal.

"Gubernur sudah ada Pergub untuk pangan lokal, dan dari Bupati Bulungan juga ada kewajiban ASN untuk membeli beras lokal," ujar Kepala Dinas Pertanian Kaltara Wahyuni Nuzband

"Jadi sudah diarahkan untuk beli beras lokal, dan kami saat ini masih menggarap polanya, "tambahnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved