Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Kadisdik Sebut 85 Sekolah di Samarinda Siap Gelar PTM Terbatas, Lihat Perkembangan Covid-19 Dulu

Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Asli Nuryadin mengatakan, kemungkinan pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah akan digel

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Asli Nuryadin menjelaskan tentang persiapan Pembelajaran Tatap Muka pada bulan Juli mendatang untuk wilayah Samarinda. TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Asli Nuryadin mengatakan, kemungkinan pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah akan digelar pada Juli nanti di Kota Samarinda.

Asli Nuryadin menjelaskan, PTM yang akan dilangsungkan adalah PTM terbatas, serta beberapa kriteria dan syarat yang harus diterapkan oleh sekolah dalam melangsungkan pembelajaran tatap muka pada Juli mendatang.

"Selain 5M yang memang harus diterapkan, sekolah juga harus siap dengan fasilitas-fasilitas prokesnya, seperti tempat mencuci tangan harus ada di depan gerbang dan lingkungan sekolah lainnya, serta jumlah siswa yang tak lebih dari setengah kapasitas sekolah," tutur Asli Nuryadin.

Ia menambahkan, seperti petunjuk pelaksanaan yang sudah disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bahwa jam pelajaran juga tidak seperti jam pelajaran saat kondisi sebelum pandemi, sehingga durasi jam pelajaran juga harus lebih singkat.

"Yang biasanya pelajaran dua jam, lebih singkat jadi satu jam, jadi di sekolah tidak ada kantin yang buka, dan tidak ada jam istirahat, sehingga murid dan guru setelah melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas langsung pulang ke rumah," ucap Asli Nuryadin.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kota Samarinda Minta Prokes Diutamakan Saat PTM

Dinas Pendidikan Kota Samarinda telah menyiapkan 71 sekolah untuk melaksanakan PTM ditambah 14 sekolah sebelumnya yang telah melakukan uji coba PTM di tiga bulan terakhir.

Kepastian 85 sekolah tersebut untuk melakukan PTM akan disampaikan lebih lanjut oleh Dinas Pendidikan, dengan mengamati perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Samarinda.

Selain itu vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) juga menjadi prasyarat mutlak bagi sekolah yang akan melangsungkan PTM.

Sama seperti yang disampaikan oleh Mendikbud RI, Nadiem Makarim, orangtua juga memiliki kewenangan untuk mengizinkan anaknya melakukan pembelajaran di sekolah atau tetap mengikuti pembelajaran via daring dari rumah saja.

"Kita bisa lihat dalam hitungan bulan nanti. Jika kondisi pandemi Covid-19 di Kota Samarinda ini cenderung membaik dan menurun, tidak menutup kemungkinan sekolah-sekolah lainnya di luar 85 sekolah yang disiapkan PTM pada bulan Juli nanti, juga bisa secara bertahap kita buka," ucapnya.

Berita tentang Samarinda

Penulis: Hanivan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved