Breaking News:

Berita Tana Tidung Terkini

Antisipasi ASF, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan KTT Rencana Uji Sampel Babi di Bvet Banjar Baru

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung sosialisasi terkait African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika di desa-desa

Penulis: Risnawati | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Ilustrasi pengambilan sampel pada babi yang diduga terjangkit ASF di Berau, Kaltim.TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA TIDUNG - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung sosialisasi terkait African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika di desa-desa di Tana Tidung.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Tana Tidung, Ikhtaful Maskur mengatakan, sosialisasi tersebut diutamakan bagi desa-desa yang berbatasan langsung dengan kabupaten lain.

Ikhtaful akui, pihaknya belum bisa melakukan pencegahan melalui lalulintas, mengingat perbatasan antar kabupaten belum memiliki check point.

Baca juga: Waspada Wabah Demam Babi Afrika atau ASF, Virus Mematikan, Ini Pencegahan Balai Karantina Balikpapan

Puluhan ekor babi dikubur di Desa Wa Yagung dan Desa Bungayan, Kecamatan Krayan Timur, Kabupaten Nunukan, belum lama ini.
Puluhan ekor babi dikubur di Desa Wa Yagung dan Desa Bungayan, Kecamatan Krayan Timur, Kabupaten Nunukan, belum lama ini. (ISTIMEWA)

"Belum ada yang bisa mengawasi. Sehingga kita perkuat di komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) ke peternak kita," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Rabu (16/6/2021)

Dia tegaskan, pihaknya akan bergerak cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus ASF di Tana Tidung sejak dini.

"Kita akan rutin ke desa-desa untuk sosialisasi terkait dengan ASF ini. Rencananya juga kita akan membagikan desinfektan ke masyarakat yang memiliki ternak babi. Itu yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk mendeteksi ASF, pihaknya juga akan melakukan pengambilan sampel babi.

Suasana kegiatan sosialisasi terkait bahaya virus ASF pada babi di kantor BKP Tarakan wilyah kerja Bandara Juwata Tarakan.
Suasana kegiatan sosialisasi terkait bahaya virus ASF pada babi di kantor BKP Tarakan wilayah kerja Bandara Juwata Tarakan. (HO/BKP Tarakan)

Sampel tersebut, nantinya akan dikirim ke Balai Veteriner (Bvet) Banjar Baru, Kalimantan Selatan untuk dilakukan pengujian sampel.

"Kalau sudah ada hasilnya, baru nanti kita tahu ini aman atau tidak, kemudian ada tidak virus ASF ini.

Karena terus terang di Malinau itu, meskipun ada kematian yang banyak, tapi kita belum bisa memastikan kalau belum ada hasil uji laboratorium," lanjutnya.

Berita tentang Tana Tidung

Penulis: Risnawati | Editor: Mathias Masan Ola

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved