Breaking News:

Buku Tematik

Soal & Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 3 Halaman 133 134 135

Berikut Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 3 Halaman 133 134 135 bertema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Penulis: Alisa Cynthia | Editor: Rita Noor Shobah
Tribunnews
Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 134 

TRIBUNKALTIM.CO - Berikut jawaban dan pembahasan materi pada buku tematik kelas 4 halaman 133, 134, dan 135 subtema 3.

Kali ini Berjudul Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.

Artikel ini sebagai acuan orang tua dalam membimbing anaknya dalam kegiatan belajar dirumah. Ada baiknya siswa mengerjakan dahulu lalu mengkoreksi jawabannya dengan artikel kunci jawaban ini.

Baca juga: Soal & Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 123 124 125 128; Aku Suka Bertualang

Jawaban Halaman 133

Ayo Membaca

Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan, atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?

Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta.

Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi.

Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam.

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved