Breaking News:

Bupati Paser Ingatkan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Desa, Harus Adil Dalam Memberikan Pelayanan

Sebagai aparat pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat, salah satu tugas pokok kepala desa (kades) adalah pelayanan publik.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Diah Anggraeni
TRIBUN KALTIM/SYAIFULLAH IBRAHIM
Bupati Paser Fahmi Fadli saat memberikan sambutan dan pengarahan kepada 52 kepala desa terpilih periode 2021-2027 yang dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung Olahraga (GOR) Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kamis (24/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagai aparat pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat, salah satu tugas pokok kepala desa (kades) adalah pelayanan publik.

Hal itu dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat memberikan pengarahan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah 52 kades terpilih periode 2021-2027.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Gedung Olahraga (GOR), Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, Sekda Paser Katsul Wijaya, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, unsur Forkopimda, dan Ketua Tim Penggerak PKK Sinta Rosma Yenti.

Baca juga: 52 Kades Terpilih Dilantik Bupati Paser, Berikut Daftar Namanya

Bupati Paser mengatakan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kades dituntut untuk bersikap adil tanpa memandang siapa dan apa kedudukannya.

"Jangan pilah-pilah orang, jangan memandang apakah pendukung atau bukan. Yang pastinya kades harus berlaku adil, berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," imbuh Fahmi.

Menurutnya, terpilihnya para kades tersebut akan memberikan harapan besar kepada masyarakat bahwa pelayanan diterima akan lebih baik dari sebelumnya.

Hal itu tidak terlepas dari kesan terhadap pelayanan publik selama ini yang digambarkan jauh dari efektif dan efesien.

"Demi terciptanya pelayanan publik sesuai harapan tersebut, maka harus dilandasi dengan aspek dedikasi, loyalitas dan disiplin yang tinggi," imbaunya.

Aspek tersebut menurutnya sangat penting untuk diterapkan, mengingat saat ini masyarakat sangat kritis terhadap kinerja lembaga pemerintahan di semua tingkatan.

Baca juga: Penumpukan Batu Bara tanpa Izin di Pelabuhan Tempayang, Bupati Paser Minta Dishub Ambil Tindakan

Untuk itu, sebagai lembaga pemerintahan yang berada di garis terdepan, maka penilaian terhadap aparat pemerintah desa dapat berpengaruh terhadap penilaian kepada pemerintah secara umumnya.

"Kami mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah desa, mari kita tunjukan bahwa sebagai pelayan masyarakat, kepentingan masyarakat menjadi prioritas kita dalam bekerja," seru Fahmi.

Bupati Paser juga mengucapkan selamat kepada 52 kades yang dilantik, semoga hal ini dapat dijadikan sebagai langkah awal menuju perubahan.

"Semoga pelantikan hari ini dapat dijadikan sebagai langkah awal dalam mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan warga masyarakat desa pada khususnya," harap Fahmi.

Selain itu, ia juga berharap kades dapat terus memegang teguh kepercayaan masyarakat dengan menghindari tindakan yang merugikan maupun yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved