Breaking News:

Peduli Satu Sama Lain, Peserta Asal Balikpapan Ajak Masyarakat untuk Daftar Program JKN-KIS

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
HO
Rinda Susilowati, warga Kota Balikpapan yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Manfaat program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu telah banyak dirasakan olehnya. 

TRIBUNKALTIM.CO – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Manfaat program JKN-KIS itu telah dirasakan langsung dan tidak langsung oleh Rinda Susilowati.

Dirinya merupakan warga Kota Balikpapan yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Menurutnya, manfaat program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu telah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Salah satunya biaya pelayanan kesehatan yang kini tidak lagi menjadi kekhawatiran saat masyarakat ingin mengakses layanan kesehatan.

Baca juga: Memiliki Banyak Manfaat, Warga Pulau Terluar Ini Akui JKN-KIS Permudah Akses Layanan Kesehatan

Saat dikunjungi di rumahnya, dirinya mengatakan, manfaat keberadaan program JKN-KIS juga telah dirasakan keluarganya.

Dirinya sebagai ibu rumah tangga akan selalu mengingatkan kepada seluruh sanak saudaranya untuk menjadi peserta JKN-KIS.

“Sudah saya rasakan manfaatnya, sewaktu anak saya dirawat di rumah sakit. Semua biaya dijamin dan pelayanannya juga cukup baik. Terkadang kalau kita besuk ke rumah sakit itu, ya semuanya bilang untung aja ada JKN-KIS. Jadi semuanya itu kalau saya lihat banyak yang sudah terbantu. Walaupun saya sekarang jarang sekali menggunakan, tetapi banyak orang-orang atau tetangga saya tertolong dengan adanya program yang dikelola BPJS Kesehatan ini,” ujar Rinda Susilowati

Tidak hanya manfaat yang didapatkan, iuran JKN-KIS juga cukup terjangkau.

Saat ia terdaftar di segmen peserta bukan penerima upah atau peserta mandiri kelas tiga, pengalaman dirinya pun menjadi sebuah cerita yang diberikan kepada rekan-rekannya.

"Ada juga saudara atau teman yang belum terdaftar, di situ saya selalu menyarankan untuk daftar BPJS Kesehatan gitu. Waktu itu 'kan saya daftar mudah dan manfaatnya juga banyak, jadi saya ceritakan saja. Karena punya JKN-KIS ini penting sekali, karena kita tidak akan tahu kapan kita sakit," lanjutnya.

Baca juga: BPJS Kesehatan Gratis di Balikpapan Direalisasi Tahun Ini, Simak Kualifikasi Warga yang akan Dapat

Rinda berharap, program JKN-KIS bisa terus bisa bermanfaat bagi masyarakat dan masyarakat yang telah menjadi peserta secara tidak langsung memberikan rasa peduli satu sama lain dengan bergotong royong dalam JKN-KIS ini. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved