Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Bapemperda Kunker ke DPRD Sulawesi Selatan, Sharing Mekanisme Percepatan Pembahasan Raperda

Kunjungan kerja (kunker) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kalimantan Timur yang dipimpin Jawad Sirajuddin ke Bapemperda DPRD Sulaw

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Kunjungan kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kalimantan Timur ke Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan mendapat respons hangat, Rabu (23/6/2021). Kedatangan rombongan diterima anggota Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan, Anwar Purnomo dan Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sulawesi Selatan, Amir. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kunjungan kerja (kunker) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kalimantan Timur yang dipimpin Jawad Sirajuddin ke Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan mendapat respons hangat, Rabu (23/6/2021),

Kedatangan rombongan diterima anggota Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan, Anwar Purnomo dan Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sulawesi Selatan, Amir.

Baca juga: BK Kaltim Kunjungi BK Sulawesi Utara, Tukar Pengalaman tentang Peran dan Kinerja Dewan

Sejumlah kendala didiskusikan antara kedua belah pihak, baik DPRD Kalimantan Timur maupun DPRD Sulawesi Selatan.

"Ini merupakan studi kooperatif, salah satunya terkait dengan mekanisme penyusunan dan tahapan percepatan pembahasan raperda ke beberapa provinsi maupun kabupaten/kota, salah satunya Sulawesi Selatan. Ada sejumlah hal yang dibahas, seperti usulan percepatan pembahasan yang tentu kaitannya dengan skala prioritas misalnya," kata Jawad.

Ia menambahkan, Bapemperda juga berkeinginan agar pembahasan raperda bisa berjalan efektif sehingga dapat tuntas sesuai dengan target.

Selain itu, mekanisme dan hal-hal mendasar apa yang dilakukan dalam pembahasan raperda oleh alat kelengkapan dewan tertentu.

"Untuk itulah kami menyerap informasi masukan, bagaimana langkah kebijakan yang diambil dalam rangka percepatan pembahasan tersebut," sebutnya.

Baca juga: Kaltim Urutan Kedua Nasional Positif Covid-19, Komisi IV DPRD Segera Panggil Satgas Covid-19

Lebih lanjut terkait raperda, Jawad mengatakan, berdasarkan amanat Permendagri Nomor 120 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Raperda, raperda adalah propemperda provinsi skala prioritas yang dituangkan dalam prolegda melalui keputusan DPRD.

Sehingga, sebagai produk hukum yang sah menjadi kewajiban sejak disusun, dibahas, kemudian diundangkan.

Jawad berharap tanggung jawab Bapemperda pada semua yang berkaitan dengan alat kelengkapan dewan yang ia pimpin bisa menjalankan fungsinya seoptimal mungkin.

"Yang kita harapkan adalah percepatan-percepatan setiap program kerja tanpa mengesampingkan optimalisasi proses maupun hasil kerja. Selain itu, setiap perda yang disahkan juga dapat dimanfaatkan seefektif mungkin untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya didampingi anggota Bapemperda, Abdul Kadir Tappa dan Muhammad Adam. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved