Breaking News:

Cegah Media Pembawa Tanpa Dokumen, Pejabat Karantina Perketat Pengawasan Kargo Bandara Kalimarau

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Berau melakukan pengawasan terhadap media pembawa yang dilalulintaskan di kargo Bandara Kalimarau.

Penulis: Risnawati | Editor: Diah Anggraeni
HO/BKP Tarakan
Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Berau perketat pengawasan kargo Bandara Kalimarau Berau. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuk, keluar dan tersebarnya HPHK dan OPTK. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pejabat Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Berau melakukan pengawasan terhadap media pembawa yang dilalulintaskan di kargo Bandara Kalimarau.

Pengawasan media pembawa yang keluar dilakukan bersama tim keamanan bandara dengan memonitor melalui x-ray barang-barang yang akan diberangkatkan.

Sedangkan pengawasan media pembawa yang masuk dilakukan dengan pemeriksaan barang-barang kargo secara langsung atas dasar informasi manifes.

Baca juga: Balai Karantina Pertanian Tarakan Musnahkan 870,1 Kg Daging Ilegal

Penanggung Jawab Karantina Pertanian Wilker Berau, Fayshal mengatakan, media pembawa yang umum dilalulintaskan melalui Bandara Kalimarau yaitu ayam, burung, kucing, anjing, dan sarang burung walet.

"Selain itu ada juga daging olahan, tanaman hias, bunga potong segar, bajakah dan benih kelapa sawit," ujarnya, Senin (28/6/2021) kemarin.

Pengawasan di kargo Bandara Kalimarau, kata dia, rutin dilakukan bersama karantina ikan dan tim keamanan Bandara Kalimarau.

Kegiatan ini sesuai dengan pasal 9 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019.

"Untuk mencegah masuk, keluar dan tersebarnya HPHK dan OPTK, dilakukan pengawasan terhadap media pembawa yang masuk dan keluar antar area dalam wilayah Republik Indonesia atau dari dalam dan luar Republik Indonesia," katanya.

Baca juga: Dorong Gratieks, Karantina Pertanian Tarakan Tingkatkan Pelayanan Ekspor di Perbatasan

Adapun media pembawa yang diawasi berupa pangan, pakan, PRG, SDG, agensia hayati, jenis asing invasif, tumbuhan dan satwa liar, serta tumbuhan dan satwa langka.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved