Breaking News:

Karantina Pertanian Tarakan Siap Dampingi Food Estate Berorientasi Ekspor

Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby beserta tim menghadiri pembahasan potensi dan pengembangan food estate berbasis korporasi petani

Penulis: Risnawati | Editor: Diah Anggraeni
HO/BKP Tarakan
Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby bersama Sekda Pemprov Kaltara, Suriansyah saat menandatangani berita acara komitmen tercapainya food estate berbasis korporasi petani di Kalimantan Utara, Kamis (24/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby beserta tim menghadiri pembahasan potensi dan pengembangan food estate berbasis korporasi petani di Kantor Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (24/6/2021) lalu.

Diketahui, acara yang diselenggarakan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kaltara itu dihadiri oleh seluruh kepala dinas Provinsi Kaltara, para camat, dan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian.

Food estate berbasis korporasi petani adalah usaha pertanian skala besar berbasis klaster yang dilakukan secara terintegrasi dan berdaya saing.

Mencakup komoditas pangan, hortikultura, ternak, perkebunan yang dilakukan melalui mekanisasi, modernisasi pertanian, dan sistem digitalisasi sehingga mampu melakukan hilirisasi produksi pertanian dengan mengorporasikan petani.

Baca juga: Cegah Media Pembawa Tanpa Dokumen, Pejabat Karantina Perketat Pengawasan Kargo Bandara Kalimarau

Alfaraby menyampaikan, agar food estate berbasis korporasi petani yang akan dibangun bisa berkelanjutan dan produk yang dihasilkan dapat diekspor.

Terutama produk yang telah mengalami proses pengolahan.

"Food estate sebagai salah satu proyek utama kerja sama ekonomi Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philippine East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA). Oleh karenanya, food estate yang akan kita bangun juga harus menghasilkan produk ekspor yang bernilai tinggi, salah satunya dengan pengolahan yang tepat," ujarnya saat itu.

Dia menambahkan, potensi ekspor di Kaltara dalam forum tersebut sebagai rujukan para pelaku usaha yang hadir.

Baca juga: Tingkatkan Standar Pelayanan, Balai Karantina Pertanian Tarakan Bangun Ruang Khusus Pelayanan Publik

Selain itu, pihaknya juga menandatangani berita acara komitmen untuk tercapainya food estate berbasis korporasi petani di Kaltara.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved