Breaking News:

Lima Jam Jet Tempur Rusia Ganggu Kapal Perang Belanda, Lakukan Serangan Tipuan di Laut Hitam

Jet tempur Rusia Ganggu kapal perang Belanda di Laut Hitam. Terbang rendah dan ganggu peralatan kapal Evertsen

Editor: ade mayasanto
seaforces
Kapal fregat Belanda HNMLS Evertsen 

TRIBUNKALTIM.CO, DEN HAAG - Jet tempur Rusia dituding berperilaku agresif pada Selasa (29/6/2021) kemarin.

Belanda menuduh jet tempur Rusia bertindak agresif saat berjumpa kapal perang Belanda di Laut Hitam.

Insiden Kamis (24/6/2021)  lalu melibatkan fregat HNMLS Evertsen, bagian dari kelompok penyerang kapal induk dengan kapal perusak Inggris HMS Defender, yang konon mendapat tembakan peringatan Rusia sehari sebelumnya.

Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan pesawat Rusia berulang kali mengganggu Evertsen selama lima jam ketika itu berada di tenggara Krimea yang dicaplok Rusia.

Juga ditambahkan, jet Rusia terbang sangat rendah dan dekat, melakukan serangan tipuan.

"Para pejuang dipersenjatai dengan bom dan apa yang disebut rudal udara-ke-permukaan, setelah berjam-jam intimidasi, gangguan pada peralatan elektronik Evertsen juga terjadi," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Menteri Pertahanan Belanda Ank Bijleveld-Schouten mengatakan tindakan Rusia itu tidak bertanggung jawab dan bahwa Belanda akan berbicara kepada Rusia tentang hal ini.

"Evertsen memiliki hak untuk berlayar di sana. Tidak ada pembenaran apa pun untuk tindakan agresif semacam ini, yang juga meningkatkan risiko kecelakaan yang tidak perlu," katanya.

Kapal fregat Belanda HNMLS Evertsen
Kapal fregat Belanda HNMLS Evertsen (seaforces)

Sementara Kementerian Pertahanan Rusia, dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa Armada Laut Hitam Kamis lalu mengerahkan jet tempur Su-30 dan pembom Su-24 untuk mencegah pelanggaran perbatasan perairan teritorial Federasi Rusia setelah Evertsen mulai bergerak masuk arah Selat Kerch".

Dikatakan bahwa pesawat terbang pada jarak yang aman di dekat kapal angkatan laut Belanda, yang kemudian segera mengubah arahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved