Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Teknologi Informasi Berkembang Pesat, Norbaiti: Bangkitkan Kecintaan Produk Lokal

Keragaman suku bangsa, adat-istiadat, seni budaya dan bahasa menjadikan Indonesia sebagai negara yang subur akan kreativitas.

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/SDN
Ketua Dekranasda Kaltim, Hj Norbaiti Isran Noor dan Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman mendukung upaya menumbuhkembangkan industri kerajinan dan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. 

TRIBUNKALTIM.CO - Keragaman suku bangsa, adat-istiadat, seni budaya dan bahasa menjadikan Indonesia sebagai negara yang subur akan kreativitas.

Dinamika kreativitas terus berkembang kemudian melahirkan beragam seni kriya atau kerajinan.

Dengan kekayaan khasanah budaya itulah, ujar Ketua Dekranasda Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, organisasi harus menjadi pionir penggerak industri kerajinan.

Baca juga: Hadiri HUT ke-75 Bhayangkara, Gubernur Apresiasi Polri dalam Penanganan Covid-19 dan PEN

Kepada pengurus Dekranasda Kutim, istri gubernur Kaltim tersebut menandaskan, Dekranasda terus menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya.

Termasuk, membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman tersebut, diakuinya, pesatnya teknologi informasi bisa dijadikan sarana untuk melakukan pemasaran sekaligus mempromosikan kerajinan dan diaplikasikan setiap Dekranasda yang ada di setiap kabupaten.

Dekranasda Kaltim, lanjut Norbaiti, berupaya membantu menumbuhkembangkan industri kerajinan dan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal dengan cara membangun kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal.

"Tantangan saat ini dan ke depan berat sehingga diharapkan Dekranasda mampu menggali dan mengembangkan produk kerajinan agar lebih kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Saat ini, Dekranasda Kaltim mempunyai tiga fokus kerja yaitu membina pengrajin tenun, membina pembuat anyaman, dan mengembangkan UKM makanan.

"Fokus di tiga itu saja. Hal ini apabila dikembangkan akan menjadi banyak produk unggulan di Kaltim," ungkapnya.

Baca juga: Norbaiti Isran: IKM Topang Ekonomi di Masa Pandemi

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman berharap, kepengurusan bisa membantu Dekranasda Kutim untuk lebih dikenal di masyarakat dan mampu masuk dan bersaing di pasar lokal, regional maupun internasional.

"Dekranasda Kutim mampu mengangkat produk-produk olahan dari masyarakat dan mampu bersaing di tingkat lokal, regional bahkan melaju ke tingkat nasional,” harap orang nomor satu di Pemkab Kutim ini. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved