Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Disdikbud Tarakan Beri Kewenangan Sekolah Gelar MPLS, Pola Bisa Daring dan Tatap Muka

Setelah tahapan pendaftaran PPDB digelar masing-masing sekolah, kini tahapan selanjutnya yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Aktivitas MPLS di SMP Negeri 1 Kota Tarakan, Senin (5/7/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Setelah tahapan pendaftaran PPDB digelar masing-masing sekolah, kini tahapan selanjutnya yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Adapun pilihan pelaksanaan MPLS diserahkan ke masing-masing sekolah.

Itu disampaikan Endah, Kasi Pembinaan SMP Disdikbud Tarakan.

Untuk pola pelaksanaannya juga dikembalikan ke masing-masing sekolah.

“Bisa daring, tatap muka dan daring serta tatap muka. Untuk yang full tatap muka, pelaksanaan MPLS-nya harus ikut SKB Empat Menteri,” bebernya.

Baca juga: Tahapan Terakhir PPDB di Malinau, MPLS Mulai Digelar Pekan Depan secara Daring

Di antaranya bagaimana pengaturan jarak, berapa lama di sekolah, siapa yang siap antar jemput, termasuk seperti larangan saling meminjamkan alat kepada teman kelas. Ia melanjutkan, kegiatan MPLS sudah dimulai pekan ini.

“ Mereka ada yang mulai pakai tatap muka dan pakai daring aja. Ada yang polanya tatap muka sehari selanjutnya daring. Jadi polanya berbeda-beda,” ujar Endah kepada TribunKaltara.com.

Adapun standar materi MPLS lanjutnya, melingkupi pengenalan sekolah dan guru sekolah, wali kelas, siapa saja teman kelas, lingkungan sekolah, lokasi perpustakaan, perkenalan mata pelajaran.

“Karena siswa baru. Harus dikenalkan beberapa mata pelajaran. Baik yang dari TK ke SD dan dari SD ke SMP. Dikenalkan kegiatan sekolah, belajar efektif dan disiplin tata tertib," ujarnya.

"Kaitannya dengan karakteristik sekolah. Walau sama-sama SMP dasar MPLS sama dan ada pengembangan ekstrakulikuler tidak selalu sama,” ujar Endah.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Puji Sarankan MPLS Siswa Baru Cukup Dilakukan Secara Online

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved