Breaking News:

Otomotif

Sering Luput, Inilah Pentingnya Pengecekan pada Terminal Aki saat Membeli Motor Bekas

Sering luput dalam pemeriksaan, padahal kondisi perkabelan di motor penting dipastikan supaya terhindar dari risiko gangguan fungsi kelistrikan.

Editor: Diah Anggraeni
OTOMOTIF/Rizky
Kabel terminal aki motor jangan sampai luput diperhatikan saat membeli motor bekas, sebab semua perangkat kelistrikan tentu memperoleh daya dari kabel tersebut. 

TRIBUNKALTIM.CO - Membeli motor bekas membutuhkan ketelitian yang lebih.

Nah, tips beli motor bekas kali ini berkaitan dengan bagian kelistrikan.

Satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah terminal aki.

Sering luput dalam pemeriksaan, padahal kondisi perkabelan di motor penting dipastikan supaya terhindar dari risiko gangguan fungsi kelistrikan.

Terutama kabel terminal aki motor, sebab semua perangkat kelistrikan tentu memperoleh daya dari kabel tersebut.

"Buat motor bekas keluaran lawas yang sudah berumur, kondisi kabel terminal aki rentan rapuh namun hal ini wajar tentunya karena pemakaian dan usianya yang tinggi," terang pemilik Toko Aki Sonjaya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Warso.

Baca juga: Beli Motor Bekas Pelek Jari-Jari? Berikut Tipsnya, Simak Biar Tak Mengundang Celaka

Untuk menjamin bahwa arus listrik yang masuk dan keluar dari aki dalam kondisi optimal, maka kondisi kabel harus dalam keadaan baik.

Sebab meskipun masih terhubung dan tampak normal saat motor hidup, kondisi kabel yang rapuh bisa mengganggu suplai listrik yang dibutuhkan motor.

"Arus listrik pasti jadi tidak stabil saat diperiksa kalau kabel sudah rapuh, dampaknya perangkat elektronik bisa cepat rusak dan lampu pasti gampang putus," ungkapnya.

Buat motor yang sudah menggunakan sistem injeksi atau perangkat elektronik yang butuh tegangan stabil, tentu hal itu berbahaya.

Seandainya saat dicek dalam kondisi baik, perhatikan juga kekencangan dan kebersihan bagian terminal aki.

Pastikan kabel terminal aki dalam posisi terikat kencang dan bebas dari endapan jamur supaya arus listrik di motor tetap stabil.

Baca juga: Tips Membeli Motor Bekas, Berikut Efek jika Yamaha R25 Pakai Filter Oli Mobil

Jadi, buat kalian yang baru beli motor bekas, sebaiknya lakukan pengecekan pada kabel aki di motor ya!

Artikel ini telah tayang di gridoto.com dengan judul Tips Beli Motor Bekas, Jangan Lupa Cek Kondisi Terminal Aki di Motor, https://www.gridoto.com/read/222773311/tips-beli-motor-bekas-jangan-lupa-cek-kondisi-terminal-aki-di-motor?page=all .

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved