Breaking News:

Virus Corona di Penajam

Saat Ini Jenazah Covid-19 Boleh Dimakamkan Sesuai Wilayah Domisili

Pemakaman terhadap jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dapat dimakamkan sesuai daerah domisili asal jenazah.

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Rahmad Taufiq
HO/BPBD PPU
Situasi pemakaman jenazah Covid-19 di Pemakaman Terpadu, Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. HO/BPBD PPU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pemakaman terhadap jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dapat dimakamkan sesuai daerah domisili asal jenazah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mengeluarkan kebijakan tersebut.

Sebelumnya sejak awal pandemi pasien Covid-19 yang meninggal harus dimakamkan di pemakaman terpadu di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam.

Pemakaman tersebut khusus untuk jenazah terkonfirmasi maupun kasus suspek Covid-19.

"Pemakaman jenazah Covid-19 saat ini boleh dilakukan di kelurahan atau desa setempat sesuai domisili pasien masing-masing," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Marjani, Jumat (9/8/2021).

Baca juga: Update Covid-19 di PPU, Hanya 3 Hari Kasus Positif Capai 87 Orang dan Meninggal 3 Kasus

Sementara pemakaman terpadu di Kelurahan Nenang tetap terbuka jika ada kondisi darurat terjadi.

Dijelaskan Marjani, dalam proses pemakaman jenazah pasien Covid-19, Satgas kecamatan atau kelurahan/desa harus melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada Satgas Kabupaten.

"Dilakukannya hal ini agar mempercepat penanganan Covid-19 di Penajam Paser Utara, terlepas dari ketersediaan anggaran yang terbatas," ujarnya.

Marjani mengatakan untuk biaya pemakaman akan dibebankan dari masing-masing kelurahan dan desa.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, jika ada jenazah Covid-29 dimakamkan di kelurahan atau desa, karena seluruh proses pemakaman tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved