Breaking News:

Potensi Maritim Kaltim dan IKN 'Sepakunegara'

Kaltim dan 'Sepakunegara' merupakan salah satu wilayah di tanah air yang memiliki potensi maritim yang sangat besar

Editor: Diah Anggraeni
HO
Rektor Universitas Balikpapan yang juga Ketua PII Kaltim dan Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia, Dr. Isradi Zainal. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kaltim dan 'Sepakunegara' merupakan salah satu wilayah di tanah air yang memiliki potensi maritim yang sangat besar.

Wilayah ini memiliki banyak pelabuhan, galangan dan pemilik kapal.

Di wilayah ini juga terdapat perusahaan nasional dan multinasional yang butuh kapal yang banyak, baik yang sederhana maupun canggih.

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki 22 unit pelabuhan baik laut dan sungai yang tersebar di 14 kabupaten/kota dengan rincian 15 unit pelabuhan laut, 7 unit pelabuhan angkutan sungai danau dan pelabuhan
penyeberangan.

Baca juga: Dampak Ekonomi Pemindahan IKN ke Sepakunegara

Beberapa di antaranya ada yang masuk dalam rencana induk pelabuhan nasional: Pelabuhan Tanjung Redeb, Pelabuhan Matarip, Pelabuhan Sangkulirang, Pelabuhan Maloy, Pelabuhan Sangatta, Pelabuham Tanjung Laut, Pelabuhan Lhok Guan, Pelabuhan Tanjung Santan,

Selanjutnya adalah Pelabuhan Samarinda, Pelabuhan Kuala Samboja, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Penyeberangan Lariangau, Pelabuhan Penyeberangan Lenajam, Pelabuhan Penajam Paser, Pelabuhan Tana Paser.

Galangan di Kaltim hampir ada di setiap kota dan kabupaten, bahkan di sejumlah sungai di Kalimantan terdapat galangan yang memproduksi kapal setiap saat.

Besarnya jumlah kapal dan galangan di Kaltim mendorong Biro Klasifikasi Indonesia dan Biro Klasifikasi Asing membuka cabang utama di Balikpapan atau Samarinda.

Biro Klasifikasi adalah perusahaan yang bertugas melakukan sertifikasi kelayakan kapal, material dan perlengkapannnya.

Banyaknya jumlah pelabuhan, galangan dan kapal serta pemilik kapal di Kaltim tidak lepas dari banyaknya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang migas, pertambangan, batu bara, kayu, industri perkapalan, dan jasa lainnya seperti Total (PHM), Chevron (PKHT), PT. Badak, PKT, dan lain-lain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved