Breaking News:

CPNS 2021

Tak Ada Formasi Guru Agama, Kewenangan Kemenag Malinau Terbatas

Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 294 formasi, dengan rincian kebutuhan,

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau, Siti Samsiah. Ia mengatakan sesuai kewenangan, pihaknya juga berhak mengusulkan formasi guru agama. Namun, usulan formasi guru agama terbatas hanya untuk lembaga pendidikan agama negeri di Kabupaten Malinau.. TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 294 formasi, dengan rincian kebutuhan, 4 CPNS dan 290 PPPK Guru.

Dari 290 PPPK Guru, tidak ada formasi penerimaan untuk guru agama di Kabupaten Malinau.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Malinau, Siti Samsiah menyampaikan, sesuai kewenangan, pihaknya juga berhak mengusulkan formasi guru agama.

Namun, usulan formasi guru agama tersebut terbatas hanya untuk lembaga pendidikan agama negeri di Kabupaten Malinau.

"Terkait usulan guru agama di Malinau, wewenang kami, khusus pengusulan guru agama untuk lembaga pendidikan negeri, seperti madrasah negeri," ujarnya, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Berikan Kesempatan Lebih Luas, BKN Perpanjang Seluruh Tahapan Pendaftaran CPNS 2021, Ini Jadwalnya

Menurutnya, hanya ada satu lembaga pendidikan agama negeri di Kabupaten Malinau, yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kecamatan Malinau Utara.

Karena hanya terdapat satu pendidikan agama negeri di Malinau, usulan dari Kantor Kemenag Malinau juga terbatas pada kebutuhan guru di sekolah agama tersebut.

"Tahun ini belum ada. Karena sudah kami ajukan tahun lalu. Jumlahnya ada 8 guru agama di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Memang sedikit, karena cuma ada satu sekolah yang masuk kewenangan kami," katanya.

Pengusulan guru agama di jenjang pendidikan SD dan SMP di Malinau merupakan wewenang Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau.

Rencananya, Komisi I DPRD Malinau akan melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) terkait solusi tidak adanya formasi guru agama di Malinau. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved