Breaking News:

Virus Corona di Samarinda

Walikota Andi Harun Terbitkan Instruksi Baru, Samarinda Perpanjang PPKM Mikro hingga 25 Juli 2021

Walikota Samarinda, Andi Harun mengeluarkan surat instruksi terbaru Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di S

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Walikota Samarinda, Andi Harun mengeluarkan instruksi Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Penerapan Pengetatan PPKM Mikro di Samarinda. TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Walikota Samarinda, Andi Harun mengeluarkan surat instruksi terbaru Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Samarinda pada Rabu (21/7/2021).

Surat instruksi tersebut sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 23 Tahun 2021 tentang penerapan PPKM bagi seluruh daerah di Indonesia.

Mengacu pada instruksi Mendagri tersebut, Samarinda tidak termasuk sebagai daerah yang menerapkan PPKM level 4 ataupun level 3.

Sehingga instruksi walikota Nomor 3/2021 berisi tentang Perpanjangan Pengetatan PPKM Mikro di Kota Samarinda hingga tanggal 25 Juli 2021 sesuai arahan pemerintah pusat.

"Isi instruksinya kurang lebih sama seperti instruksi nomor 1 dan nomor 2 yang diterbitkan sebelumnya, kita bersyukur setelah dilakukan konsolidasi kembali oleh pemerintah pusat, Samarinda tidak termasuk dalam PPKM level manapun apalagi level 4," jelasnya pada konferensi pers penanganan Covid-19 di Samarinda, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Terima Instruksi Mendagri Terbaru, Walikota Andi Harun Sebut Samarinda tak Jalankan PPKM Level 4

Andi Harun mengemukakan, jajaran Pemkot Samarinda akan segera berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga camat dan kelurahan untuk mengintensifkan pengawasan terhadap pengetatan PPKM Mikro.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim tersebut berharap agar kasus Covid 19 di kota Samarinda semakin melandai dan dapat segera melakukan relaksasi.

"Pengetatan di basis-basis wilayah semakin ditingkatkan, harapannya semoga tanggal 26 Juli kita sudah bisa melakukan relaksasi dari pembatasan kegiatan masyarakat yang kita lakukan di Samarinda," jelasnya.

Sementara itu, isi dari surat instruksi Walikota Samarinda Nomor 3/2021 yang diterbitkan pada hari ini berisi instruksi penerapan pengetatan PPKM Mikro di Samarinda, sama halnya dengan penerapan PPKM yang telah berjalan sejak 3 Juli 2021.

Kegiatan sosial masyarakat seperti resepsi dan acara pernikahan ditiadakan, serta kafe, restoran dan pusat perbelanjaan juga masih dibatasi beroperasi hingga pukul 21.00 WITA.

Baca juga: Skema Penyekatan PPKM Level IV di Samarinda Belum Ditentukan

Pelayanan di kafe dan restoran sendiri juga masih harus dengan sistem take away dan tidak boleh makan di tempat.

Selain itu bagi anak-anak berusia di bawah 18 tahun juga masih tidak diperkenankan untuk beraktivitas di tempat umum, seperti pasar dan mal. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved