Breaking News:

7 Anggota BPD Resmi Dilantik, Bupati Paser Harapkan Bersinergi untuk Tangani Penyebaran Covid-19

Bupati dr. Fahmi Fadli melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 7 desa yang ada di Kabupaten Paser.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Diah Anggraeni
Tribun Kaltim/Syaifullah Ibrahim
Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat melantik 7 anggota Badan Permusyawaratan Desa di Kantor Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kamis (22/7/2021) hari ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati dr. Fahmi Fadli melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 7 desa yang ada di Kabupaten Paser.

Pelantikan berlangsung di Kantor Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kamis (22/7/2021).

Sebelumnya, kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Desa Petangis, Kecamatan Batu Engau dan Desa Muser, Kecamatan Muara Samu.

"Sengaja kegiatan pelantikan ini dilaksanakan secara bertahap, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih kita hadapi saat ini. Sehingga kita putuskan dilaksanakan demikian agar tidak menyebabkan kerumunan atau berkumpulnya banyak orang," terang Fahmi.

Baca juga: Bupati Paser Fahmi Fadli Ingin Pelaksanaan Swab Antigen Tepat Sasaran agar tak Sia-sia

Sementara terkait pelantikan, bupati beranggapan, anggota BPD yang dilantik hari ini merupakan perwakilan masyarakat yang mana BPD sebagai bagian dari pemerintahan desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi.

"BPD bersama kepala desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat," terangnya.

Oleh karenanya, sambungnya, pemerintahan desa dituntut untuk mampu menumbuh-kembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan dalam pelaksanaan kewenangan tersebut.

Dengan artian tidak terlalu berlebihan, namun harus berlandaskan dengan norma peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, Fahmi menginginkan agar anggota BPD yang baru dilantik ini bisa bersinergi, menjalin komunikasi yang baik dengam kepala desa

"Sebagai mitra kerja untuk membangun desanya, sehingga ikut berpartisipasi dalam menyerap apa yang menjadi aspirasi masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Bupati Paser Fahmi Fadli Imbau Warga Ikuti Vaksinasi dan Jalankan Hidup Sehat

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved