Breaking News:

Otomotif

Mau Kredit Mobil? Yuk, Pahami Apa itu Fidusia Berikut Manfaat dan Biayanya

Fudisia, kata ini mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat. Istilah itu akan ditemui ketika kalian sedang melakukan atau akan kredit mobil.

Editor: Diah Anggraeni
Tribun Kaltim
Fudisia mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat. Istilah itu akan ditemui ketika kalian sedang melakukan atau akan kredit mobil. Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Fudisia, kata ini mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat.

Istilah itu akan ditemui ketika kalian sedang melakukan atau akan kredit mobil.

Bagi yang belum mengetahui, fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan, dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengisi Angin Ban Mobil? Yuk, Simak Penjelasan Berikut Ini

Dalam fidusia, biasanya ada sebuah jaminan biaya fidusia.

Jaminan biaya fidusia merupakan sebuah perjanjian utang-piutang, yang menyatakan bahwa benda bergerak yang sedang diajukan kreditnya ini adalah milik debitur secara sah.

"Kepemilikan debitur secara sah itu tetap berlaku walaupun status kendaraannya masih kredit atau BPKB kendaraan tersebut dijadikan agunan," ujar Business Development Division Head PT Maybank Indonesia Finance, Ricky Hertanu saat dihubungi GridOto.com, Minggu (25/7/2021).

Biasanya, biaya fidusia akan dikenakan di awal dan akhir perjanjian kredit.

Jumlah biaya fidusia akan disesuaikan dengan harga kendaraan yang akan dikredit.

"Untuk kendaraan di bawah Rp 50 juta itu Rp 25 ribu, kalau untuk yang harganya di atas Rp 50 juta itu biayanya Rp 50 ribu," katanya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas tapi STNK-nya Terblokir Akibat Kena ETLE? Begini Cara Mengurusnya

Meski begitu, ada baiknya Anda menyiapkan dana sebesar Rp 100 ribu atau sesuai dengan harga kendaraan yang akan dikredit untuk biaya jaminan fidusia.

Jangan sampai melupakan biaya jaminan fidusia karena akan sangat penting dan berguna sebagai bentuk jaminan bila sewaktu-waktu mengalami masalah kredit macet dan kehilangan mobil saat masa kredit masih berlangsung.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Belum Banyak yang Tahu Arti Fidusia Saat Kredit Mobil, Ini Maksud dan Biayanya, https://www.gridoto.com/read/222805729/belum-banyak-yang-tahu-arti-fidusia-saat-kredit-mobil-ini-maksud-dan-biayanya.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved