Breaking News:

Buah Sawo

Jenis Hama yang Bisa Menyerang Pohon Sawo dan Cara Mengatasinya

Meski dapat tumbuh dengan baik di pekarangan rumah, namun pohon sawo ternyata bisa juga diserang hama.

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Buah sawo bisa juga diserang hama, salah satunya yang paling sering adalah lalat buah atau Dacus Dorsalis . TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Meski dapat tumbuh dengan baik di pekarangan rumah, namun pohon sawo ternyata bisa juga diserang hama.

Bernatal Saragih selaku dosen sekaligus peneliti bidang pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mengatakan, hama yang sering menyerang sawo adalah lalat buah atau Dacus Dorsalis yang menyerang buah.

Ia menyebut hama pengisap cairan buah ini menjadikan buah mengeras dan menurunkan mutu buah.

Tidak hanya itu, Bernatal Saragih menjelaskan bila lalat buah sudah menyerang, maka akan diikuti oleh hama penggerek cabang yang melubangi cabang dan ranting.

"Bila hama sudah menyerang, cabang akan membusuk basah hingga mati," jelasnya.

Baca juga: BELUM Banyak yang Tahu, Buah Sawo Dipecaya Bisa Atasi Masalah Kesehatan Rambut

Ia menjelaskan bila dahan sudah basah dan terlihat menimbulkan miselium berwarna merah jambu di kulit batang, sudah dipastikan pohon sawo kita terserang penyakit Corticium Salmonicolor atau kanker.

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk pencegahan ada baiknya kita melakukan infus atau memasukan larutan insektisida ke dalam lubang batang dengan pipa plastik.

"Pemupukan dan penyiangan harus dilakukan. Sekali-kali semprot pohon dengan pestisida, Karena percuma kita mengonsumsi sawo yang sudah terserang hama. Kita tidak akan mendapatkan nutrisi apapun," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved