Breaking News:

Virus Corona di Kutim

Jenazah Covid-19 Bisa Dimakamkan di Kecamatan Asal, Ketersediaan APD Jadi Sorotan Wabup Kutim

Pemulasaran jenazah Covid-19 di Kabupaten Kutai Timur kini sudah bisa dilaksanakan di tiap kecamatan.

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan bahwa kendala yang dihadapi unit pemulasaran jenazah Covid-19 di lapangan adalah ketersediaan alat-alat. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pemulasaran jenazah Covid-19 di Kabupaten Kutai Timur kini sudah bisa dilaksanakan di tiap kecamatan.

Pasalnya, unit pemulasaran jenazah Covid-19 di tiap kecamatan telah dibentuk dan pelatihannya juga telah dilangsungkan.

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang memastikan bahwa unit yang tersebar di setiap kecamatan ini mumpuni untuk melakukan pemulasaran jenazah Covid-19.

"Di tiap kecamatan sekarang ini sudah kita lakukan pelatihan pengurusan jenazah, atau protokol bagaimana merawat jenazah dari memandikan sampai dengan menguburkan," ujarnya, Jumat (30/7/2021).

Pelatihan tersebut wajib diikuti semua kecamatan guna memberi ruang bagi kerabat yang ditinggalkan apabila ingin jenazah Covid-19 dimakamkan di dekat kediamannya.

Baca juga: Jenazah Covid-19 Dapat Dimakamkan di TPU Samarinda, Ditangani Tim Pemulasaran

Selain itu, adanya unit pemulasaran jenazah Covid-19 di tiap kecamatan tersebut juga untuk mengantisipasi ketersediaan daya tampung pemakaman Covid-19 di Kecamatan Sangatta Utara.

Kendati demikian, Kasmidi Bulang mengakui bahwa ada kendala lain yang dikhawatirkan menghambat kegiatan pemulasaran jenazah di kecamatan.

"Tapi terkendala tentunya di alat-alat yang ada di kecamatan, seperti APD, peti, dan kantong mayat yang sulit ditemukan di sana," ucapnya.

Meskipun sudah ada unit yang memiliki kemampuan pemulasaran jenazah Covid-19, tentu pengerjaannya tetap terkendala apabila kebutuhan pemulasaran sulit dijangkau.

Maka itu, Kasmidi Bulang menggandeng perusahaan yang berada di tiap kecamatan guna membantu mendatangkan berbagai kebutuhan pemulasaran jenazah Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved