Breaking News:

Ibu Kota Negara

Konsep Transportasi di Ibu Kota Negara Baru Gunakan Autonomous, Ada Rel Kereta Hingga Bontang

Selain itu wilayah-wilayah sekitar IKN, misalnya Balikpapan, Penajam, Samarinda dan Bontang juga akan dikembangkan terutama dari sisi infrastruktur tr

Editor: Januar Alamijaya
Twitter @kangdede
Contoh desain ibu kota negara baru, moda transportasi di IKN rencananya bakal menggunakan teknologi tinggi seperti kendaraan atutonomous 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah tengah menyiapkan mode transportasi yang akan digunakan di ibu kota negara baru (IKN).

Rencananya moda transportasi di IKN akan menggunakan teknologi tinggi.

Selain itu wilayah-wilayah sekitar IKN, misalnya Balikpapan, Penajam, Samarinda dan Bontang juga akan dikembangkan terutama dari sisi infrastruktur transportasi.

Bahkan bakal ada rel kereta api dari IKN hingga ke Bontang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penerapan teknologi untuk membuat sistem transportasi cerdas di ibu kota negara (IKN) baru menjadi peluang dan sekaligus tantangan bagi pemerintah, akademisi, pelaku usaha, dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Jangan Kaget, dari Balikpapan ke Penajam Hanya 30 Menit, Arahan Jokowi Saat Ibu Kota Negara Jadi

Pemerintah memang berencana membangun moda transportasi berteknologi tinggi dan ramah lingkungan pada ibu kota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur.

“Artinya, peluang untuk memberikan masukan-masukan, dan sekaligus tantangan akan adanya teknologi, ilmu pengetahuan, lahan bisnis, serta lapangan pekerjaan baru," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/5/2021). sebagaimana dilansir dari Kompas.com

Ia menjelaskan, moda transportasi yang akan beroperasi di ibu kota negara baru antara lain kendaraan listrik berbasis baterai dan kendaraan autonomous atau tanpa pengemudi.

Selain itu, akan dibangun angkutan umum autonomous, baik untuk angkutan bus maupun kereta api dengan jenis kereta Electric Multiple Unit (EMU) berkemampuan semi cepat.

"Transportasi yang cerdas dan berbasis digital menjadi pilihan, seperti kendaraan listrik yang memang sudah kita mulai, tetapi di ibu kota baru akan lebih komprehensif lagi," imbuh Budi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved