Breaking News:

Berita Berau Terkini

Penyerapan Dana Desa Kabupaten Berau Diakui Terbaik di Kalimantan Timur

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung atau DPMK Berau, mengakui penyerapan Dana Desa di Berau, termasuk terbaik se- Kalimantan Timur.

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Salah satu kampung di Kabupaten Berau, kampung Buyung-buyung. Masyarakat di sana sebagian besar bekerja sebagai nelayan, dan memanfaatkan wisata mangrove. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung atau DPMK Berau, mengakui penyerapan Dana Desa di Berau, termasuk terbaik di Kalimantan Timur.

Data DPMK Berau menyebutkan hingga bulan Juli 2021 penyerapan Dana Desa sebanyak 56,40 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 122,237 Miliar per tahun.

Begitu juga dengan penyerapan Bantuan Langsung Tunai yang khusus 8 persen dialokasikan untuk penanganan Covid-19 per kampung telah tersalurkan hingga bulan Juli. Sedangkan untuk bulan Agustus akan dimulai segera.

“Kalau khusus BLT ada 2 kampung yang nihil memiliki kategori Keluarga Penerima Manfaat khusus BLT,” ungkap Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir kepada Tribunkaltim.co, Minggu (1/8/2021).

Dia menjelaskan, tingkatan terbaik di Kalimantan Timur tersebut, juga sudah melalui informasi dari KKPN Tanjung Redeb.

Baca juga: Musrenbang RPJMD 2021-2026, Bupati Berau Miliki 4 Misi Pembangunan Berbagai Sektor

Menurut Ilyas penyaluran tertinggi tersebut, sesuai dengan kinerja aparatur kampung, yang bisa mengikuti sistem pencairan.

Status kampung di Berau juga sangat berpengaruh dalam penyerapan anggaran Dana Desa dari kementerian.

Kendati begitu, dalam penyaluran Dana Desa, Berau masih memasuki tahap kedua.

Pada tahap pertama jumlah kampung dengan status reguler 92 kampung sudah mencarinya, dan 8 kampung berstatus mandiri pun demikian.

Sedangkan pada tahap ke dua, baru 35 kampung berstatus reguler yang mencairkan Dana Desa, dan hanya satu kampung mandiri yang baru mencairkan dan merealisasikan Dana Desa.

Baca juga: 8 Persen Dana Desa untuk Penanganan Covid-19, DPMK Berau Harapkan Bisa Dimanfaatkan dengan Baik

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved