Breaking News:

Otomotif

Wajib Tahu! Inilah Dampaknya jika Kepenuhan saat Isi Bensin Motor, Bikin Rugi Banyak

Nah, mengisi bensin sampai full tank memang enggak salah, namun pastikan jangan sampai melewati batas leher pengisian di tangki.

Editor: Diah Anggraeni
(TribunKaltim.co/Nevrianto Hardi Prasetyo)
Mengisi bensin sampai full tank memang enggak salah, namun pastikan jangan sampai melewati batas leher pengisian di tangki. Mengapa? 

TRIBUNKALTIM.CO - Tidak jarang, pengguna motor berujung membeli bensin terlalu penuh bahkan hingga luber.

Biasanya mereka mengisi penuh bahan bakar hingga karena enggak mau repot.

Lantas, apakah ada dampaknya kalau isi bensin motor sampai kepenuhan?

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Isi Bensin Mobil pada Siang atau Malam Hari? Simak Penjelasan Berikut Ini

Nah, mengisi bensin sampai full tank memang enggak salah, namun pastikan jangan sampai melewati batas leher pengisian di tangki.

"Patokannya kalau mau isi full tank, cukup diisi sampai garis batas melintang yang bisa dilihat dari lubang tangki bensin," jelas Anditia Gunawan, Service Advisor Yamaha FSS Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kalau diisi melebihi batas tersebut, dampak langsungnya pasti bensin bisa tumpah atau terciprat keluar dan tentu berbahaya.

Bensin yang tumpah membuat risiko menimbulkan percikan api dan kebakaran jika terkena panas mesin atau kelistrikan motor yang bocor.

"Kalau kepenuhan, bensin yang terisi juga pasti bakal otomatis keluar lewat lubang pembuangan bensin di sekitar tutup tangki," lengkapnya.

Sebab, ketika motor dipakai melewati guncangan atau dipakai manuver, bensin berpotensi meluap dan keluar lewat lubang tersebut.

Ujungnya tentu bensin yang sudah diisi jadi terbuang sia-sia dan malah merugikan secara pengeluaran untuk isi bensin.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Isi Bensin Mobil pada Siang atau Malam Hari? Simak Penjelasan Berikut Ini

Buat kalian yang suka isi bensin sampai kelebihan di motor, jadi sebaiknya tidak dilakukan.

Baiknya hentikan pengisian bensin jika volume di tangki sudah sampai di garis batas melintang yang dapat dilihat dari lubang pengisian bensin.

Selain kerugian di atas tadi, pastinya kalian juga akan rugi karena mengeluarkan uang banyak untuk membayar bensin yang tidak bisa tertampung dan digunakan di motor kalian Sob!

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Rugi Banyak, Ini Dampaknya Kalau Kepenuhan Saat Isi Bensin Motor, https://www.gridoto.com/read/222823979/rugi-banyak-ini-dampaknya-kalau-kepenuhan-saat-isi-bensin-motor?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved