Breaking News:

Virus Corona

Booster Vaksin Sinovac Covid-19 Tingkatkan Antibodi Hingga 7 Kali Lipat & Tanpa Efek Samping Serius

Studi baru menunjukkan bahwa pemberian booster vaksin Sinovac dapat mendorong penggunanya meningkatkan antibodi yang sangat signifikan

Editor: Christoper Desmawangga
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Vaksin Sinovac disuntikan ke salah satu warga di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Hasil studi baru, booster vaksin Sinovac Covid-19 tingkatkan 7 kali lipat antibodi & tanpa efek samping serius. 

TRIBUNKALTIM.CO - Studi baru menunjukkan bahwa pemberian booster vaksin Sinovac dapat mendorong penggunanya meningkatkan antibodi yang sangat signifikan.

Hal ini pun menjadi kabar gembira bagi masyarakat dunia, terutama Indonesia yang sejak awal program vaksinasi digulirkan, telah menggunakan vaksin Sinovac.

Bahkan, dikabarkan juga vaksin Sinovac efektif mencegah penularan Covid-19, termasuk varian Delta

Penelitian ini memberikan dasar ilmiah yang penting bagi pembuat kebijakan untuk mengembangkan strategi dan rencana waktu vaksin booster untuk orang tua.

Studi baru itu merupakan bagian dari uji klinis acak, double-blind, terkontrol plasebo, dan fase 1/2 yang melibatkan 303 peserta sehat berusia 60 tahun ke atas.

Baca juga: Traveler Wajib Tahu, Ini Daftar 45 Negara yang Terima Wisatawan Asing Bervaksin Sinovac

Ini berlangsung di China dan hasilnya dirilis pada Minggu (8/8) di medRvix, seperti dilansir dari Kontan.co.id.

Menurut penelitian tersebut, titer antibodi menurun secara substansial enam bulan setelah dua dosis vaksin Sinovac di antara orang dewasa yang lebih tua.

Studi membagi tiga kelompok dengan masing-masing peserta mendapat dosis ketiga vaksin Sinovac 1,5 mikrogram (μg), 3 μg, dan 6 μg delapan bulan setelah suntikan kedua.

Hasilnya menunjukkan, di semua kelompok vaksin dosis 1,5 μg, 3 μg, dan 6 μg, tingkat antibodi meningkat secara signifikan pada hari ketujuh setelah mendapat suntikan ketiga.

Meningkat Tujuh Kali Lipat

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved